[BLOG ORANG IT] Alasan anda harus segera pindah hosting

PENYEBAB MENGAPA ANDA HARUS SEGERA PINDAH HOSTING

Alasan anda harus segera pindah hosting
Selamat Datang di Blog Orang IT . Migrasi hosting atau pindah hosting merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh webmaster ketika mereka merasa kecewa dengan support atau kualitas hosting yang buruk salah satunya yang paling sering terjadi adalah hosting yang mereka sewa tidak bisa selalu uptime 100% tentu saja hal ini membuat kualitas seo anda memburuk , bayangkan saja ketika malam adalah jadwal perayapan google bot yang berguna untuk meningkatkan jumlah index konten dimesin pencari karena server mengalami down proses index mengalami penundaan . Hosting yang buruk jika dibiarkan lama-lama pasti merugikan

Ketika seorang membuat website , ada rasa kebangga an tersendiri yang hanya dirasakan oleh webmaster . Bagaimanapun juga mereka mambuat website dengan berbagai tujuan seperti berbisnis online , sharing pengalaman dll ketika sebuah website mulai populer berarti ada kenaikan lalu lintas trafik yang cukup signifikan . Jika anda pengguna blogspot tidak perlu khawatir karena hostingnya milik blogger jangankan ribuan visitor sampai jutaan pun tidak akan masalah . Beda halnya jika anda berlangganan hosting pribadi khususnya tipe shared hosted dimana 5 ribu visitor saja sudah membuat website anda terasa lemot

Jika dibiarkan lama-lama space anda semakin penuh dan terjadi overload , satu-satunya cara adalah mengupdate spesifikasi hosting menjadi lebih tinggi . Situs anda sering mengalami down time padahal level disc space masih mencukupi juga menjadi isyarat bahwa hosting anda kualitasnya buruk

Selain masalah hosting yang buruk , ternyata support teknisi nya juga lamban tanpa perlu alasan lain silahkan migrasi ketempat hosting lain yang lebih bagus

Untuk mengevaluasi apakah hosting anda sudah cukup baik atau belum , sebagai bahan pertimbangan saja apakah harus ganti hosting atau tidak berikut ini 7 alasan yang membuat pemilik website harus segera pindah kehosting lain

Demi membantu anda sudah saya siapkan point-point penting yang menjadi faktor pertimbangan hosting


 
1. Situs Anda sering offline

Siapa pun yang memiliki situs web menginginkannya tetap online 100% dari waktu ke waktu. Namun, pencapaian ini sangat sulit dilakukan. Dalam kebanyakan kasus, server tempat situs dihosting perlu menjalani perawatan dan tidak bebas dari masalah teknis, yang dapat menyebabkan downtime.
Alasan anda harus segera pindah hosting1
Tetapi saya dapat tegaskan, layanan hosting manapun tidak dapat menjamin bahwa website akan 100% uptime. Mereka selalu menuliskan angka 99,98 – 99,99 persen saja. Untuk memberi gambaran, hosting uptime yang biasanya 99,5% dapat tetap berada di jaringan internet selama sekitar 3 ½ jam setiap 30 hari.

Bagi banyak situs, downtime dalam waktu yang panjang dan bisa mendatangkan kerugian besar. Dalam kasus ini, yang ideal adalah memilih hosting yang menjamin minimal ketersediaan 99,9% . Jika situs Anda sering downtime, anda harus memeriksa apakah masalahnya ada di perusahaan penyedia hosting atau pada sisi server nya?

Sebagian besar perusahaan menawarkan Service Level Agreement (SLA), yang biasanya ada di situs web perusahaan dan / atau persyaratan layanan. Jika perusahaan tidak mematuhi, perusahaan harus mengganti pelanggan sebanding dengan saat situs tersebut mengalami gangguan yang disebabkan server down. Jika penyedia jasa hosting yang Anda sewa tidak menawarkan stabilitas atau jaminan, mungkin sudah waktunya untuk pindah hosting.

2. Situs anda semakin lambat diakses

Di dalam situs  atau web, lambat atau lemot adalah salah satu masalah terburuk. Sebuah situs membutuhkan kecepatan yang stabil agar pengunjung bisa mengakses situs dengan baik. Apabila situs Anda lambat untuk diakses, secara otomatis pengunjung akan meninggalkan situs Anda.

Alasan anda harus segera pindah hosting2
Situs juga akan kehilangan posisinya di search engine seperti Google, yang menganggap kecepatan pemuatan situs sebagai kriteria dalam faktor peringkat Google. Penyebab situs menjadi lambat bisa dari berbagai macam. Gangguan server yang mungkin terkait dengan situs anda, hosting anda, atau keduanya.

Untuk memperjelas pertanyaan ini, sebaiknya gunakan alat Google gratis ini: PageSpeed ​​Insights. Dengan memasukkan URL situs Anda, alat akan mengevaluasi kinerja Anda dan di mana memperbaikinya. Diantara poin yang dievaluasi adalah waktu respon server .

Jadi jika situs anda dioptimalkan dan menurut anda masih lamban, Anda punya alternatif lain untuk mengecek apakah masalahnya ada di hosting anda. Dalam beberapa kasus, hosting bisa saja menjadi lambat karena CPU usage hosting tinggi. Dalam hal ini jelas, sebab recource atau kinerja hosting terlalu dipaksakan.

Dalam hal ini Anda punya dua alternatif, upgrade paket hosting…atau pindah hosting ke provider lain.

3. Email tidak selalu bekerja dengan baik

Banyak perusahaan hosting menawarkan e-mail yang termasuk dalam paket hosting. Hal ini merupakan keuntungan bagi penyedia jasa layanan hosting karena tidak menggunakan server email tersendiri. Masalahnya adalah ketika layanan email tidak stabil atau tidak bekerja dengan benar, akan menyebabkan kerugian pada pemilik situs.

Jika Anda sering mengalami masalah dengan layanan email dari hosting anda, cari tahu dari mana asalnya. Apakah salah konfigurasi atau apakah hanya masalah ketidakstabilan server email dari hosting? Dan…Apakah masalah akhirnya dipecahkan?

Jika masalah berlanjut, Anda perlu memikirkan salah satu solusi berikut: Gunakan layanan email eksternal, seperti Google Apps , Mailgun, Mandrill, SenGrid, Soho atau Rackspace email atau. Perlu diketahui, layanan server email diatas adalah berbayar, tetapi Anda tidak akan dipusingkan dengan masalah gangguan email dari hosting Anda.

Namun saran saya, apabila sering mengalami gangguan email dari hosting, sudah saatnya Anda untuk pindah hosting agar bisa bisa lebih efesiensi biaya tanpa harusmenggunakan layanan server email tersendiri.

4. Layanan Costumer service yang buruk

Salah satu masalah terpenting dalam hosting adalah kualitas dukungan dan layanan. Baik costumer Service (CS) dan bagian teknisi hosting sangat penting untuk bisa di andalkan pada perusahaan penyedia jasa hosting, kapan pun disaat Anda membutuhkannya.

Alasan anda harus segera pindah hosting3
Bahkan pada hari libur, jika saat ini situs anda tidak aktif atau bermasalah, maka sangat penting untuk mendapatkan layanan pendukung atau costumer Service. Apakah masalah anda terpecahkan? Dukungan juga sangat membantu saat anda hanya menyewa hosting dan perlu membuat setting agar domain dan situs anda bekerja dengan baik.

Karena menyangkut masalah teknis, bantuan pendukung bisa membuat semua perbedaan. Lebih baik lagi jika Anda bisa memilih saluran kontak atau layanan tiket yang paling nyaman untuk Anda. Jika dukungan serta layanan hosting yang anda sewa tidak tersedia saat Anda membutuhkannya, atau jika anda tidak dapat mengatasi masalah tersebut, mungkin saatnya untuk mengganti atau pindah hosting.

Tiket Standard hosting memiliki prioritas tertentu dan umumnya akan dibalas dalam waktu 30 – 60 menit. Apabila dalam waktu itu masalah belum terselesaikan, biasanya akan ada balasan lagi dari pihak CS, bahwa perbaikan sedang dalam proses, biasanya status tiket akan berubah in progress, sampai masalah terselesaikan

Apabila balasan tiket lebih dari waktu standar (2 – 5 jam), maka bisa dikatakan bahwa layanan costumer service sangat buruk, maka saatnya Anda memikirkan untuk segera pindah hosting.

5. Fitur hosting yang tidak sesuai dan dibatasi

Ini mungkin terasa aneh, tapi terkadang hal ini sering dialami oleh penyewa hosting yang "dibohongi" oleh jasa penyedia hosting dengan menampilkan fitur – fitur hosting tertentu dihalaman depan situs mereka.

Alasan anda harus segera pindah hosting4
Ketika sebuah situs mulai ramai dengan visitor, situs anda mulai mengkonsumsi lebih banyak sumber daya hosting, seperti ruang disk dan bandwidth, misalnya. Pada saat ini, banyak situs mengalami down (tidak bisa diakses) karena mencapai beberapa batasan sumber daya yang dikenakan oleh hosting.

Hal yang paling buruk adalah Anda tidak bisa melakukan backup karena kapasitas penyimpanan sudah penuh. Oleh karena itu, penting untuk melacak penggunaan sumber daya server dan memindahkan situs anda sebelum mencapai batas ini.

6. File anda tiba-tiba hilang

File Anda sengaja dihapus oleh pihak hosting bisa saja terjadi. Terutama pada perusahaan hosting yang buruk, mereka tidak memiliki sistem perlindungan data pelanggan yang efisien.

Jika anda pernah mengalami hal ini dan kehilangan file di situs anda, pikirkan untuk segera pindah hosting ke jasa provider yang lain. Apabila Anda menggunakan provider hosting Indonesia, Anda bisa minta penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengembalikan file yang terhapus.

7. Anda telah menemukan hosting yang lebih baik

Ini adalah skenario terbaik: Anda telah menemukan hosting yang lebih baik untuk situs anda. Perusahaan penyedia jasa hosting menawarkan kualitas lebih, atau fitur hosting yang lebih menarik dengan rasio/perbandingan biaya yang lebih baiks sesuai dengan kualitas dan performa hosting.

Hati – hati,, jangan sampai pindah hosting hanya karena harganya, sebab harga murah bukan jaminan. Anda akan berisiko mengalami masalah yang sama dengan apa yang sudah saya tullis dalam artikel ini.


--
Posting oleh Blogger ke BLOG ORANG IT pada 4/02/2018 06:00:00 PM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[BLOG ORANG IT] Alasan anda harus segera pindah hosting"

Posting Komentar