Cara menambah RAM laptop dengan gambar

CARA MENAMBAHKAN RAM LAPTOP DISERTAI GAMBARNYA

Selamat Datang di Blog Orang IT . Salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam laptop adalah kapasitas RAM nya ketika sebuah laptop memiliki kapasitas RAM yang besar bisa dipastikan performa laptop tersebut baik dan bisa digunakan untuk bekerja secara multitasking sebaliknya jika kapasitas RAM nya kecil kemungkinan laptop akan sering ngeblank ketika digunakan menjalankan beberapa software modern . Dilaptop ada 2 slot memory RAM biasanya hanya dipasang satu jadi anda bisa menambahkan ukuran RAM dengan membeli satu slot lagi

Cara menambahkan memori RAM sebenarnya gak sulit hanya saja beberapa hal perlu diperhatikan perihal RAM membutuhkan kecocokan satu sama lain jika anda ingin menambahkan slot RAM baru tapi jika mengganti RAM anda bisa menggunakan berbagai merek yang cocok dengan laptop anda . Fungsi RAM sebagai alat penyimpanan sementara jadi jika RAM nya besar maka processor tidak perlu terlalu sering menjalankan ulang service langsung ambil saja dari memori RAM
Baca juga : Analisa bunyi beep komputer
Cara menambah RAM laptop yang saya informasikan ke anda ini, bisa juga dipakai apabila RAM anda mengalami kerusakan dan anda perlu melakukan penggantian. Tapi kalau RAM anda nggak rusak, anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat lain dengan menambah RAM.

Seperti contohnya untuk mengaktifkan konfigurasi Dual Channel atau bahkan Quad Channel, membuat laptop anda jadi lebih responsive dan bisa melakukan multi-tasking lebih banyak. Untuk melakukan itu semua, anda bisa mengikuti langkah-langkah selengkapnya berikut:

Langkah-langkah Cara Menambah RAM Laptop

Langkah - 1

Hal pertama yang perlu anda lakukan, tentu saja "Membeli RAM" terlebih dahulu. anda bisa membeli RAM baru atau pun bekas. Yang menjadi masalah adalah, anda harus membeli RAM yang tepat agar cocok di laptop anda 

Langkah - 2

Jika sudah membeli RAM, saatnya "Membongkar Laptop". Dan terus terang saja, umumnya cara membongkar laptop itu berbeda-beda, tergantung jenis laptop apa yang anda gunakan. Tapi kalau hanya untuk RAM, cara membongkarnya mudah kok. Untuk lebih pastinya

Langkah - 3

Jika sudah mendapatkan panduan membongkar laptop yang tepat, mulai bongkar laptop anda hingga "Menemukan Slot RAM". Kalau anda masih nggak tahu seperti apa itu slot RAM, anda bisa lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Cara menambah RAM laptop dengan gambar
Langkah - 4

Jika sudah ketemu, mulai "Pasang RAM". Pasang RAM dengan posisi miring sambil ditekan masuk. Pastikan semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM. Pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Cara menambah RAM laptop dengan gambar1

Langkah - 5

Lanjutkan proses pasang RAM dengan menekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan kedua kunci RAM mengeluarkan "Bunyi Klik" dan terpasang dengan baik. Dan kembali lagi, pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

Cara menambah RAM laptop

Langkah - 6

Jika sudah, "Rakit Laptop" kembali. Nyalakan dan pergunakan seperti biasa, selesai. anda telah menyelesaikan cara menambah RAM laptop dari saya ini, mudah bukan?

Cara menambah RAM laptop 2

Permasalahan Umum Saat Menambah RAM Laptop

Yang namanya rencana, memang tidak bisa selalu mulus, terkadang bisa saja ada masalah. Seperti saat melakukan cara menambah RAM laptop dari saya ini. Rasanya sih semua sudah benar, eh tapi malah bisa saja anda mendapati laptop anda rusak, BSOD dan sejenisnya. benar begitu?

Kalau anda mengalami masalah, tidak usah khawatir. Melalui artikel ini pula, saya akan membahas beberapa permasalahan yang biasa ditemui, dan tentu saja saya akan memberikan solusinya. Nah kira-kira masalah apa saja ya yang bisa ditemui, yuk simak!

1. Blue Screen of Death (BSOD)

 Permasalahan Umum Saat Menambah RAM Laptop

Terus terang ini merupakan masalah yang cukup kompleks, karena memang penyebab BSOD (Blue Screen of Death) beragam. Salah satunya juga karena penambahan atau penggantian RAM ini. Apabila anda menemui masalah ini, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

Membongkar kembali lalu pasang perlahan, pastikan semuanya terpasang dengan baik.
Lepaskan RAM, lalu coba di laptop lain. Pastikan RAM berjalan dengan baik.
Lepaskan RAM, lalu coba bersihkan bagian pin RAM dengan penghapus. Terutama bagi anda yang memakai RAM bekas.

2. Laptop Tidak Menyala Dan Berbunyi Beep

 Permasalahan Umum Saat Menambah RAM Laptop

Salah satu masalah yang sering dijumpai pula saat menambah RAM, yaitu malah membuat laptop tidak menyala dan berbunyi beep. Bunyi beepnya umumnya berbeda-beda, ada yang 4 kali atau 5 kali dan lain-lain tergantung dengan merek laptop. Lalu solusinya bagaimana?

Sama seperti sebelumnya. Lepaskan RAM, lalu cobalah di laptop lain.
anda juga bisa mencoba untuk membersihkan pin RAM dengan penghapus karet. Umumnya masalah ini terjadi karena RAM tidak terdeteksi atau rusak.

3. Konfigurasi Dual Channel Tidak Berjalan

 Permasalahan Umum Saat Menambah RAM Laptop2

Salah satu alasan menambah RAM, yaitu guna mengaktifkan konfigurasi Dual Channel. Dengan ini, maka RAM anda akan punya channel bandwidth jauh lebih luas, dimana artinya bisa jauh lebih cepat dan responsif. Namun saat tambah RAM, kok malah Dual Channel-nya tidak aktif?

Biasanya hal ini terjadi pada laptop atau komputer yang memiliki 4 Slot RAM. Usahakan untuk memasang RAM tidak berdekatan, misal slot 1 dan slot 3. Pada gambar di atas, coba pasang RAM hanya pada slot berwarna merah.

Catatan: Bagian permasalahan umum ini akan terus diupdate apabila ada permasalahan baru. Bagi anda yang mengalami masalah, jangan ragu untuk bertanya ya.
Akhir Kata

Itulah dia cara menambah RAM laptop lengkap dengan gambarnya. Secara garis besar, hampir nggak sulit sama sekali kok. Kuncinya adalah anda mengetahui cara membongkar laptop anda dengan benar. Selamat mencoba ya!
Baca juga: Menambah RAM dengan falsahdisk

0 Response to "Cara menambah RAM laptop dengan gambar"

Posting Komentar

Aturan komentar di Blog Orang IT

1. Jika ada pertanyaan yang membuat anda penasaran atau belum mengerti silahkan berkomentar

2. Jika anda berkomentar di blog saya maka saya akan berkomentar balik diblog anda

3. Tidak perlu nyepam karena setiap komentar akan saya reviews terlebih dahulu mana yang pantas dan mana yang tidak

4. Tolong beritahu jika ada link yang mengarah kehalaman kosong 404/halaman mati/not found

5. Semua komentar akan saya hapus secara rutin setiap akhir bulan ketika saya melakukan backup blog

Jika ada yang mau menyumbang artikel jangan sungkan kirimkan saja tulisan anda lewat email , silahkan cantumkan link untuk mendapat backlink maksimal 2 link dofollow sisanya nofollow [gratis]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan dibawah Artikel