7 amalan penghapus dosa manusia

7 amalan penghapus dosa manusia
Selamat Datang di Blog Orang IT . Setiap manusia pasti tidak pernah luput dari yang namanya dosa baik itu dosa yang sifatnya ringan maupun dosa besar , adakalanya ketika terlambat menyadarinya kita merasa seperti manusia yang benar-benar penuh akan dosa selama ini . Dosa merupakan perbuatan jahat ataupun kelalaian yang dilakukan oleh manusia secara sengaja. Setiap perbuatan dosa pasti akan dibalas nantinya baik diakhirat maupun didunia sekecil apapun itu oleh karena itu mumpung masih didunia mari kita coba mengurangi dosa-dosa dimasa lalu dengan amalan berikut

Berikut ini adalah tujuh amalan yang dapat dilakukan untuk menghapus dosa, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Taubat. Begitu pentingnya taubat karena merupakan gerbang segala ampunan. Taubat adalah wujud pengakuan hamba atas dosanya, dan jembatan pengakuan Allah bagi ampunan-Nya. Taubatlah yang menjadi kunci kebaikan untuk menghapus dosa dan kesalahan seorang hamba.

2. Sedekah. Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah SAW bersabda,” “…sedekah itu mematikan (melebur) kesalahan dan takwa itu membunuh kesalahan seperti air memadamkan api.”

3. Jihad. Bersumber dari hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani, Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Orang yang mati syahid akan diampuni dosanya pada percikan darah yang pertama, dan akan dikawinkan dengan dua bidadari dan akan memberi syafaat tujuh puluh dari anggota keluarganya…”

4. Wudhu. Amalan ini pun termasuk amalan yang dapat meleburkan dosa sesuai hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan Nasa’I, Rasulullah saw bersabda, “Sesiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni. Sedangkan shalatnya, jalannya menuju masjid adalah amalan tambahan,”

5. Shalat. Amalan ini merupakan penebus dosa dan kesalahan seorang hamba. Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Muslim dan Tirmidzi bahwa Rasulullah saw menegaskan, “Shalat lima waktu, shalat Jum’at menuju Jum’at berikutnya adalah pelebur dosa di antara mereka, selama dosa-dosa besar tidak dilanggar.”

6. Puasa. Baik puasa wajib di bulan Ramadhan ataupun puasa sunnah, jika dilakukan maka dapat melebur dosa.

7. Haji. Diriwayatkan dari Imam Bukhori dan Imam Muslim, Rasulullah saw bersabda, “Sesiapa yang melaksanakan haji, lalu tidak berbicara kotor dan tidak fasik, dia akan kembali (diampuni) dari dosanya sebagai mana ia dilahirkan ibunya.” 

0 Response to "7 amalan penghapus dosa manusia"

Posting Komentar

Aturan komentar di Blog Orang IT

1. Jika ada pertanyaan yang membuat anda penasaran atau belum mengerti silahkan berkomentar

2. Jika anda berkomentar di blog saya maka saya akan berkomentar balik diblog anda

3. Tidak perlu nyepam karena setiap komentar akan saya reviews terlebih dahulu mana yang pantas dan mana yang tidak

4. Tolong beritahu jika ada link yang mengarah kehalaman kosong 404/halaman mati/not found

5. Semua komentar akan saya hapus secara rutin setiap akhir bulan ketika saya melakukan backup blog

Jika ada yang mau menyumbang artikel jangan sungkan kirimkan saja tulisan anda lewat email , silahkan cantumkan link untuk mendapat backlink maksimal 2 link dofollow sisanya nofollow [gratis]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan dibawah Artikel