loading...

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis

CARA MENJADWALKAN PENGHAPUSAN FOLDER RECYCLE BIN OTOMATIS

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis12
Selamat Datang di Blog Orang IT . Sharing tutorial ringan mengenai bagaimana menjadwalkan penghapusan file yang terdapat folder recycle bin secara otomatis melalui task schlude . Seperti yang kita tahu setiap menghapus file tanpa menggunakan perintah Shift + Del otomatis file tersebut berpindah ke recycle bin untuk berjaga-jaga jika pengguna tidak sengaja menghapus suatu file secara permanen agar bisa dikembalikan sewaktu-waktu

Jika dibiarkan berlama-lama otomatis tumpukan sampah di  recycle bin akan semakin banyak dan memenuhi ruang local disk C yang membuat kinerja komputer akan semakin melambat akibat terbatasnya ruang penyimpanan . Sebagai pengguna komputer kita harus selalu memaintance komputer setiap minggu dengan membersihkan berbagai file sampah maupun error registry diwindows masalahnya beberapa pengguna awam sering mengabaikan hal ini dan baru merasakan akibatnya setelah kinerja komputer mengalami penurunan
Anda mungkin bisa menghapus file sampah difolder  recycle bin secara berkala namun agar lebih menghemat waktu pada postingan kali ini akan saya bagikan sebuah tutorial bagaimana membuat jadwal penghapusan file sampah di  recycle bin secara otomatis setiap minggu menggunakan fitur task schluder yang telah disediakan oleh windows

Berikut cara menghapus file  recycle bin secara otomatis

1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian ketikan perintah taskschd.msc untuk membuka Task Scheduler.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis
 2. Kemudian klik opsi Create Basic Task.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis1
 3. Pada wizard pertama, masukan nama dari Task serta deskripsi (jika perlu). Jika sudah klik opsi Next untuk melanjutkan proses.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis2
 4. Selanjutnya adalah memilih kapan task dijalankan. Anda bisa memilih sesuai keinginan, disini Blog Orang IT akan membuat jadwal task berjalan setiap satu minggu sekali. Jika sudah klik opsi Next untuk melanjutkan proses.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis4
 5. Tentukan kapan task tersebut mulai berlaku. Anda dapat menentukan task bisa berjalan hari apa saja dalam satu minggu. Jika sudah klik opsi Next untuk melanjutkan proses.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis6
 6. Tentukan apa yang akan dilakukan ketika task berjalan. Pilih opsi Start a program dan klik opsi Next untuk melanjutkan proses.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis7
 7. Pada kolom Program/script, masukan cmd.exe. Pada kolom Add argument, masukan perintah dibawah ini. Jika sudah klik opsi Next untuk melanjutkan proses.
/c "echo Y|PowerShell.exe -NoProfile -Command Clear-RecycleBin"
Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis8
 8. Terakhir, anda dapat melihat rekapitulasi dari task yang dikonfigurasi. Jika dirasa sudah benar klik opsi Finish untuk mengakhiri proses.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis9

Sampi disini kita sudah berhasil membua jadwal otomatis pembersihan folder recycle bin setiap minggu untuk menghemat ruang hardisk , nah mungkin ada yang bertanya bagaimana cara menghapus penjadwalan otomatis ini ?

Untuk menghilangkan task ini, navigasi ke Task Scheduler Library pada Task Scheduler. Kemudian cari nama Task yang dibuat lalu klik kanan dan pilih Delete.

Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis11
Demikian postingan mengenai bagaimana cara membuat penjadwalan penghapusan file otomatis difolder recycle bin semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditambahkan silahkan berkomentar yang relevans dibawah sekian dan terimakasih sudah berkunjung
Tunggu bos . . .

1 Response to "Menghapus sampah direcycle bin secara otomatis"

  1. wahhh bermanfaat banget nih, biasanya ak ngapusnya manual e, bisa jadi referensi nih

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih