Cara mempercepat startup diwindows

CARA MEMPERCEPAT PROSES STARTUP PADA WINDOWS

Cara mempercepat startup diwindows3
Selamat datang di Blog Orang IT . Mempercepat startup pada sistem operasi windows, mungkin dirasa sepele oleh sebagian pengguna , padahal dengan mempersingkat proses startup kita tidak perlu menunggu terlalu lama saat proses login screen .  Isi dari startup windows biasanya beberapa program yang berjalan otomatis ketika komputer dimulai

Postingan menarik lainya bagi anda seorang gamer yang mengalami masalah tampilan screen ngelag dan patah-patah saat menjalankan game silahkan perbaiki dengan 9 trik sederhana berikut ini :

Apa itu startup?

Startup windows merupakan sebuah perintah untuk menjalankan program tertentu secara otomatis ketika komputer dinyalakan pertama kali , biasanya sebelum mencapai startup proses booting melewati 3 tahap, yaitu Screen BIOS -> Booting -> dan Startup.

Komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah, akan lebih beresiko melambat saat melewati 3 tahap startup diatas. Karena performa hardware terutama storage dan processor sangat mempengaruhi kinerja dari startup windows itu sendiri

Tapi jangan salah! Pengguna PC atau laptop berspesifikasi tinggi pun tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyakit lambatnya startup, yang bahkan bisa jadi lebih lambat dari komputer berspesifikasi rendah sekalipun.

Salah satu manfaat utama dari startup yang cepat, yaitu mempersingkat booting. Bayangkan, ketika anda sedang mengerjakan sebuah tugas atau pekerjaan, anda menyalakan laptop atau komputer anda yang startupnya lambat,  akan menyita waktu. 

Apalagi kalau lambatnya sudah cukup parah, bahkan bisa menyita waktu 10 hingga 15 menit hanya untuk startup! tentu ini sangat mengganggu efektivitas pekerjaan terutama jika sedang dalam keadaan darurat atau terburu-buru.

Windows dengan startup yang lambat, juga berpotensi hang ketika sudah memasuki layar utama. Dimana jika sudah terjadi hang, maka akan sangat lama untuk berjalan normal kembali.

Jika sudah begini, solusi yang ada hanya tinggal menekan tombol power untuk mematikan kembali PC/laptop yang dimana sangat beresiko terjadinya bad sector pada harddisk.

Untuk pengguna pc, mungkin bisa menekan tombol reset, tapi itu juga jika anda beruntung tidak akan hang kembali.  Untuk anda yang  sering mengalami hang pada saat startup, silakan baca artikel cara mengatasi hang  saat startup 

Penyebab Windows yang startup nya lambat:

1. Buruknya kinerja windows

Faktor kelalaian pengguna yang jarang memaintance windowsnya sehingga lambat laun performa komputer dirasa semakin melambat
Cara mempercepat startup diwindows4
Penyebab Buruknya kinerja windows sendiri terjadi karena banyaknya file sampah yang menumpuk dan beberapa program terinstall yang menambahkan dirinya ke startup windows sehingga komputer jadi bekerja lebih keras.

2. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

Sebenanya, banyaknya aplikasi yang terinstall menurut pendapat saya tidak begitu mempengaruhi kinerja startup. Yang jadi masalah adalah aplikasi yang berjalan ketika startup. Saat windows memasuki layar utama, komputer tidak bisa langsung dijalankan, melainkan mengaktifkan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang akan berjalan di latar belakang. Hal inilah yang menjadi penyebab lambatnya loading saat berada di layar utama.

Terlalu banyak aplikasi yang dimuat saat loading awal, inilah yang menyebabkan terjadinya hang saat startup awal.

3. Terjadinya kerusakan harddisk

Kerusakan harddisk, biasa terjadi karena listrik yang sering turun , penggunaan Power Supply yang aus, sampai faktor umur. Kerusakan paling umum yang dialami harddisk yaitu bad sector. Bad sector adalah kerusakan pada harddisk dimana sektor-sektor pada harddisk yang rusak dan tidak bisa terbaca. Ibaratnya seperti sebuah gedung dengan banyak ruangan, dan ruangan-ruangan tersebut terbakar sehingga tidak bisa digunakan

Pengalaman pribadi saya memakai harddisk yang terkena bad sektor, waktu saat booting bisa mencapai 30 menit lebih , belum termasuk startup dan loading awal pada layar utama.

Bagaimana cara mempercepat startup windows yang lemot ?

1.Melakukan defragment harddisk
Cara mempercepat startup pada windows
Cara pertama yang paling ampuh, adalah dengan mendefrag harddisk. Fungsi dari defrag harddisk, nantinya harddisk akan dibersihkan serta ditata ulang kembali sehingga filenya menjadi lebih rapih. Performa laptop atau komputer yang lambat bisa di kembalikan dengan defrag harddisk 

Anda bisa melakukan defrag dengan software bawaan windows maupun software pihak ketiga yang terpercaya. Untuk proses defragnya kurang lebih 1 jam an tergantung spesifikasi komputer serta banyaknya file-file data yang anda miliki selain itu juga dipengaruhi besarnya jumlah disk mengalami fragment

2.Melakukan optimalisasi windows.

Yang kedua optimalisasi windows, optimalisasi windows bisa dilakukan dengan mudah   menggunakan software pihak ketiga. Optimalisasi ini menyangkut pembersihan registry yang menumpuk sampai file sampah.

Anda merasa sudah menghapus banyak aplikasi tapi harddisk masih terasa penuh ? coba cek beberapa file sampah lain difolder temp , prefeth , recycle bin dll bersihkan dengan perintah disk clean up ( klik kanan drive C - disk clean up )

3. Melakukan optimalisasi startup 

Cara mengoptimalisasi loading pada layar utama windows sangat mudah, anda bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai lewat uninstall program di control panel dan anda juga bisa melakukan optimalisasi lewat MSCONFIG, Caranya:

•    Klik tombol windows + R
•    Ketik “MSCONFIG”
•    Akan muncul jendela baru, klik pada tab “startup”
•    Nah, disana tertera daftar aplikasi-aplikasi yang berjalan saat loading awal startup. Untuk versi windows baru seperti windows 10, klik dahulu “open task manager”.
•    Disable aplikasi yang tidak diperlukan.

Jika sudah, silakan restart dan lihat perbedaannya.

Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi agar tidak berjalan otomatis dengan masuk kefolder C:\Users\Helmy Kurniawan\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

4. Melakukan Troubleshoot pada hardware

Seperti yang dibahas sebelumnya, kerusakan pada hardware terutama harddisk bisa menurunkan performa PC atau laptop menjadi sangat lambat,  dimana masalah ini akan mempengaruhi kecepatan startup. Untuk melakukan pengecekan kerusakan harddisk, bisa dilakukan dengan software pihak ketiga, contohnya HDTune atau HDDSentinel.
Cara mempercepat startup pada windows1
Silakan cek kesehatan dan performa harddisk anda. Jika terdapat bad sector, segera lakukan backup data walau hanya sebagian,  karena bad sector bisa menyebar tanpa disadari. Saat sudah menyebar seperti inilah data yang disimpan dalam harddisk bisa jadi rusak dan tidak terbaca.

5. Melakukan scanning virus

Virus prinsipnya bekerja pada latar belakang. Berbeda dengan aplikasi yang bisa di-disable, virus tidak bisa di-disable. Cara untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan scanning serta penghapusan lewat antivirus.

Anda bisa menggunakan scanning antivirus dengan update definisi terbaru yang anda percaya.
Untuk tindakan pencegahan, cukup update secara rutin antivirusnya, jangan sembarangan mengunduh aplikasi dan jangan membuka lampiran email yang dikirimkan oleh orang tidak dikenal

6. Melakukan install ulang.

Install ulang menjadi solusi terakhir bagi anda yang komputernya benar-benar lambat startupnya. Untuk penginstallan ulang, paling optimal dengan menghapus seluruh data yang ada di dalam harddisk. Jadi, silakan lakukan backup data penting terlebih dahulu.

Mengapa tidak diinstall di drive khusus windows tanpa hapus data pada drive lain? Pengalaman saya menginstall tanpa format ulang seluruh harddisk hanya mempercepat komputer setengahnya karena biasanya beberapa disk mengalami fragment sehingga format hardisk akan membuat drive kita menjadi benar-benar fresh

7. Melakukan penggantian/upgrade hardware

Solusi paling akhir, yaitu melakukan penggantian atau upgrade hardware. Hardware yang sudah berumur, akan mengalami penurunan kinerja sehingga menjadi lebih lambat. Agar kinerja laptop lebih cepat anda bisa menambahkan slot RAM , mengupgrade CPU/GPU , mengganti hardisk dengan SSD

Demikian postingan mengenai cara mempercepat startup widows semoga bermanfaat, anda bisa mempersingkat loading startup diawal dan bisa mempersingkat waktu pekerjaan . Tips dari saya sering-sering maintance windows performanya selalu baik dengan cara lakukan defgrag hardisk sebulan sekali dan lakukan pembersihan optimal seminggu sekali juga rapikan beberapa file anda agar alokasi disk tidak terlalu sempit

Guest post by Dzkry kun owner Leskompi

0 Response to "Cara mempercepat startup diwindows"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Klik iklan untuk biaya perawatan admin

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik