Membuat komputer kebal dari petya

MEMBUAT VAKSIN UNTUK MELINDUNGI KOMPUTER DARI INFEKSI PETYA

Mengenal ransomware petya yang lebih ganas
Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan kali ini saya bahas mengenai bagaimana cara membuat komputer kebal dari infeksi ransomware nonpetya 2017 dengan membuat vaksin untuk mencegah infeksi dari malware ganas petya itu sendiri .

“Petya’ adalah program virus ransomware yang bekerja sangat berbeda dari malware ransomware lainnya. Tidak seperti ransomware tradisional lainnya, Petya tidak mengenkripsi file pada sistem yang ditargetkan satu per satu. Namun justru sebaliknya, ‘Petya’ akan me-reboot system dan membajak komputer, serta mengenkripsi tabel file master hard drive (master file table-MFT) dan membuat master boot record (MBR) tidak dapat dioperasikan, membatasi akses ke sistem penuh dengan menyita informasi tentang nama file, ukuran, dan lokasi pada disk fisik

Sebagai informasi, Petya yang kini menyerang (NotPetya) bukanlah ransomware, melainkan Wiper. Artinya, NotPetya ini dibuat dengan tujuan untuk merusak data. Jika komputer anda sudah terinfeksi, hampir mustahil data didalamnya bisa dikembalikan lagi.
Untuk berjaga-jaga dari notpetya / petya anda bisa membuat vaksin sendiri agar laptop anda kebal dengan serangan malware ini yakni dengan membuat 3 buah file di c:/windows
  • perfc
  • perfc.dat
  • perfc.dll
Berikut bagaimana cara membuat vaksin anti petya

Pertama pastikan pengaturan windows explorer agar menampilkan ekstensi file caranya buka windows explorer - view - centang pada file name exstension
Membuat komputer kebal dari petya
Setelah itu buka C:\Windows > scroll sampai andamenemukan notepad.exe > copy notepad.exe dan paste sebanyak 3 kali, sehingga hasilnya seperti ini :
  • notepad – Copy.exe
  • notepad – Copy (2).exe
  • notepad – Copy (3).exe
Gambarnya supaya jelas
Membuat komputer kebal dari petya1
Selanjutnya rename maisng-masing file tersebut menjadi 3 file berikut ini:
  • perfc (tanpa ekstensi)
  • perfc.dat
  • perfc.dll
NB: karena anda membuat file tanpa ekstensi (perfc), dan juga mengubah ekstensi file (perfc.dat dan perfc.dll) maka akan muncul notifikasi konfirmasi, klik saja Yes.

Gambarnya supaya jelas


Membuat komputer kebal dari petya3

Kini klik kanan masing-masing file tersebut > Properties > dan pastikan centang Read-only. Lakukan hal yang sama untuk ketiga file tersebut.

Membuat komputer kebal dari petya4
Selesai. Komputer anda sekarang sudah kebal terhadap Petya (NotPetya) yang saat ini sedang ganas-ganasnya menyerang. Vaksin ini ditemukan oleh security researcher Amit Serper, yang di bagikan melalui akun Twitternya.

Pastikan anda menyebarkan info ini agar semakin banyak komputer yang kebal dari infeksi Petya (NotPetya) yang punya efek sangat merusak. Semakin banyak yang tahu cara membuat vaksin Petya (NotPetya), maka semakin aman komputer di Indonesia dari infeksi wiper ganas ini.


Follow Blog Orang IT dan sukai halaman facebook saya Helmykkediri serta jangan lupa bantu donasi dengan klik iklan untuk biaya perawatan admin  sekian dan terimakasih

1 Response to "Membuat komputer kebal dari petya"

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik