loading...

Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik

KELEBIHAN MENGELOLA BLOG DENGAN SATU TOPIK

Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik
Selamat Datang di Blog Orang IT . Kali ini saya pengen share mengenai keuntungan mengelola blog yang fokus hanya dengan satu niche atau satu topik pembahasan  , niche merupakan tema dari blog itu sendiri ada banyak niche blog yang bisa diambil seperti download game , kesehatan , blogging , islami dll tentu saja menentukan niche blog diawal sangat penting untuk menunjang kesuksesan blog kedepanya

Blog merupakan sebuah situs web yang berperan penting dalam penyebaran sumber informasi diinternet  , setiap blog biasanya memiliki bidangnya masing-masing meskipun ada beberapa blog yang kurang spesifik dengan membahas banyak hal sehingga pengunjung kesulitan untuk menentukan tema dari blog itu sendiri
Blog Orang IT merupakan blog dengan niche campuran karena ini merupakan blog pertama saya dulu jadi masih belum bisa menentukan niche , pokoknya saya menulis apa yang mau saya tulis 

Mengapa harus memilih satu topik ?

Karena dengan mengambil satu niche blog memiliki authority yang bagus dan kerelevanan penyajian konten antar postingan sehingga pembaca dengan bidang tertentu akan suka untuk belajar dari blog anda secara continue

Bayangkan saja jika sebuah blog menyajikan banyak topik misal download film , perbaikan motor, cara servis laptop , share mengenai tips seo dll bisa dibilang blog tersebut gak nyambung dan kedepanya dipastikan blog tersebut akan sulit mendapatkan pembaca yang setia

Dalam hal monetisasi nya blog satu topik bisa lebih mudah dioptimasi dibandingkan blog campuran  , meskipun begitu blog dengan satu topik pun juga memiliki kelemahan seperti pemilik blog harus benar-benar menguasai niche yang mereka ambil misal anda membuat blog tentang niche blogger bisa dipastikan akan ada ratusan inbox masuk dari pengunjung yang akan berkonsultasi masalah blog mereka

Ada beberapa keuntungan memiliki blog dengan satu topik pembahasan dibandingkan dengan blog multi niche , namun pada postingan saya kali ini saya mau membahas dulu mengenai keuntungan mengelola blog yang fokus hanya dengan satu niche saja diantaranya :

1. Blog sangat spesifik

Pengunjung suka dengan blog yang lebih spesifik , misalnya untuk seorang yang sedang belajar mengenai editing photoshop pasti mereka setiap hari akan mengunjungi blog yang membahas mengenai tutorial photoshop

Bisa dibilang anda akan memiliki pengunjung setia yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan mengelola niche blog campuran

2. Pengelolaanya lebih mudah
Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik1
Kita mengelola sebuah blog dengan satu niche yang kita sukai, sehingga untuk update konten kedepanya lebih mudah karena sifatnya berkelanjutan dan setiap postingan yang kita buat pasti relevan dengan dengan postingan yang lain
Dengan hanya berfokus pada satu niche berarti semakin meningkatkan kemampuan pemilik blog pada bidang tersebut , disamping itu visitor juga menyukai blog yang sesuai dengan bidang mereka masing-masing

3. Komunitas solid

Apabila anda memiliki blog dengan sebuah niche yang jelas maka tidak sulit bagi pemilik blog untuk membangun sebuah komunitas ( fanspage ) yang solid kebanyakan dari mereka memiliki kegemaran yang sama . Para anggota komunitas ini pun juga menantikan update konten menarik lainya dari pemilik blog sehingga blog terkesan lebih hidup dengan adanya pengunjung setia dari hari kehari

Selain itu memiliki banyak teman dengan kegemaran sama bisa menjadi partner dikemudian hari  , anda akan memiliki banyak teman dunia maya yang menyenangkan

4. Mudah memonetisasi blog
Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik2
Blog dengan satu topik pembahasan yang berhasil bersaing di SERP akan menarik perhatian bagi adsvert untuk memasang iklan mandiri diblog anda sesuai dengan jasa atau produk yang mereka jual , tentu saja iklan yang mereka pasang akan sangat sesuai dengan niche blog dan minat pengunjung 

Anda tidak perlu takut jika iklan yang tampil diblog anda tidak sesuai dengan konten sehingga malah mengganggu pengunjung blog 

Selain mendapatkan uang dari iklan mandiri kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense yang iklanya satu niche dengan blog kita , sehingga peluang mendapatkan klik lebih banyak dibandingkan blog campuran yang iklanya ga nyambung karena setiap halaman beda artikel

5. Optimasi seo lebih mudah
Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik3
Optimasi seo blog dengan satu niche lebih mudah baik dalam penempatan link untuk guest post , keyword yang dibidik , deskripsi konten web , keterkaitan antar konten dll 

Optimasi seo yang baik membuat blog semakin kuat posisinya diserp , yang pasti lebih aman dari pinalti google

6. Mengurangi bounce rate

Bounce rate merupakan perbandingan antara lamanya pengunjung berada pada satu halaman blog , semakin lama pengunjung berada dalam blog maka tingkat bounceratenya akan semakin menurun sebaliknya semakin singkat waktu kunjungan nilai bounce rate akan semakin naik

Google menilai suatu konten relevan atau tidak berdasarkan aktivitas penggunanya , jika pengunjungnya nya hanya sebentar bisa dipastikan algoritma google akan menilai bahwa postingan blog tersebut tidak relevans sehingga pengunjung hanya lalu lalang pergi begitu saja dan efeknya peringkat blog  diturunkan dari mesin pencari
Sebaliknya blog dengan satu niche memiliki inbound link yang saling terkait , biasanya visitor akan menyelami banyak artikel didalam blog untuk mencari bacaan menarik lainya

7. Popularitas blog cepat meningkat

Apabila blog anda sudah dikenal oleh banyak orang dan komunitas yang anda bangun berhasil mengumpulan orang-orang dengan ketertarikan yang sama bisa dipastikan kedepanya blog tersebut akan cepat populer 

Biasanya banyak pengunjung yang akan merekomendasikan blog kepada teman mereka yang juga memiliki kegemaran yang sama , intinya sih blog akan semakin dikenal oleh karena itu tingkatkan terus kemampuan anda dalam bidang yang diambil agar nantinya bisa menjawab kebutuhan visitor

Demikian postingan saya mengenai keuntungan mengelola blog dengan sebuah topik dibandingkan blog campuran semoga bermanfaat, jika ada yang mau menambah silahkan saja tuliskan pada kotak komentar dibawah sekian dan terimakasih sudah berkunjung


 Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like FansPage Helmykkediri dibawah serta jangan lupa untuk klik iklan yang ada pada Blog ini.untuk biaya perawatan admin
Tunggu bos . . .

6 Responses to "Keuntungan Mengelola Blog Satu Topik"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Mantap gan... Terima kasih informasinya dan langsung di praktekan

    BalasHapus
  3. Mantap jugar nih pembahasannya Semoga bisa dañar habían cenar dari Google adsense

    BalasHapus
  4. Mantap gan infonya, saya baru buat blog neh buat pertama kali, tp topiknya campur aja :D klo mau beri komentar ya gan di www.readerstars.com makasi

    BalasHapus
  5. Bukan bermaksud mendemo lho yaaak, tp kalo menurut ente blog dengan 1 topik itu lebih bagus dalam 7 hal diatas, kenapa blog ente isinya gado2? :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena saya sudah punya blog satu topik biar ga pusing yang ini dijadikan gado2 saja

      http://www.helmykkediri.com/2017/05/kelebihan-dan-kekurangan-blog-campuran.html

      Hapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih