Trend SEO 2017 untuk Blogger

9 TREND SEO TAHUN 2017 UNTUK KALANGAN BLOGGER INDONESIA

Trend SEO 2017 untuk Blogger
Selamat Datang di Blog Orang IT . Saya cuma share bacaan ringan mengenai 9 trends seo tahun 2017 untuk kalangan blogger indonesia , sebagai informasi saja mengenai perkembangan teknik SEO tahun ini yang masih eksis dan paling sesuai dengan perkembangan update algoritma google saat ini

“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
SEO search engine optimation ( optimasi blog dimesin pencari ) bukanlah ilmu yang pasti , dari waktu kewaktu akan mengalami perubahan yang dipicu dengan update algoritma mesin pencari google sampai penambahan beberapa faktor penting untuk memberikan peringkat pada sebuah website

Apa trend seo untuk tahun 2017 ini ?

Saya rangkum dari berbagai sumber berikut 9 trend perubahan SEO yang harus anda perhatikan dan terapkan pada blog masing-masing


1. Mobile akan Jadi Raja
Mobile akan Jadi Raja
Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dalam hal ini, peningkatan pengguna perangkat mobile juga mempengaruhi perkembangan alias trend SEO tahun 2017 ini. Apalagi setelah Google mengumumkan MobileGeddon bahwa Mobile Friendly adalah keharusan.

Coba cek, berapa traffic blog anda sekarang yang berasal dari mobile? Entah itu smartphone ataupun tablet. Apakah ada peningkatan selama ini?

Karena itu, anda harus cek sekarang, apakah mobile version blog anda sudah responsive diperangkat selular atau belum ?. Cek di sini: Google Mobile Friendly Test.

2. AMP Mulai Diperhatikan
Mobile akan Jadi Raja
AMP ? Apa lagi itu? AMP adalah Accelerated Mobile Pages – sebuah projek yang sudah digulirkan oleh Google tahun lalu. Tujuan dari project ini adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam akses situs atau blog menggunakan handphone. Untuk pengguna wordpress self hosted, menerapkan AMP lebih mudah karena tinggal install plugin AMP dari Automatic.

Sedangkan kalau di blogspot, sudah pasti harus bermain dalam script template. Berikut ini contoh AMP sudah mulai berpengaruh, screen shot dari Moz ini menunjukkan bahwa AMP Pages sudah muncul di SERP.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh Blogger Indonesia yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang dengan iklan seperti Adsense saat menerapkan AMP ini. Iklan-iklan sudah banyak disupport oleh Google untuk AMP Page. Tapi kita harus setting ulang iklan kita untuk bisa menampilkan iklannya.

3. Kenaikan Voice Search

Rupanya… perkembangan pencarian sudah tidak lagi dengan mengetik keyword yang kita inginkan. Tapi sudah mulai menggunakan suara. Dalam prediksinya, Search Engine Journal menuliskan kalau perbaikan terus menerus untuk SIRI (pengguna iphone), Google Now (Android user) dan Cortana (Microsoft) juga menunjukkan indikasi peningkatan voice search.

Saya sendiri masih belum terlalu paham menggunakan voice search dalam blog agar tetap mendapatkan traffic dari pencarian itu. Masih harus mencari info lagi untuk hal ini.

4. Fokus pada Lokal

Dalam menentukan keywords, selama ini kita mengenal long tailed keyword, yang mana tetap efektif (baca di nomor 7 di bawah), tapi… perubahan lebih terasa adalah penggunaaan lokal. Jika kita melakukan keyword research, kita harus lebih memperhatikan lokal search. Hal ini sangat bagus diterapkan di tulisan traveling dan kuliner.

Lokal di sini juga bermakna dalam artian: Jika anda menulis tentang tempat wisata di Bandung dari Jakarta (IP Address), walaupun blog  bagus dan banyak dilirik (authority), mungkin akan kalah dengan yang menulis dari Bandung. Ada banyak digital marketers yang memanfaatkan ini dengan menggunakan IP Address sesuai dengan daerah.

Saya pribadi memang merasa kalau saya mencari soal Bandung, saya akan lebih bertanya pada orang Bandung.  Logika pencarian lokal yang menjadi salah satu trend SEO 2017 ini ya seperti itu. Tapi bukan berarti kita harus ganti IP atau lokasi setiap menulis. Fokus aja pada keyword research yang menggunakan lokal.
Misalnya: daripada menggunakan keyword: restoran seafood enak di Jakarta, anda bisa menggunakan restoran seafood enak dan murah di Jakarta Selatan.

5. Long Content Masih Dilirik?

Rupanya, algoritma mesin pencari semakin pintar dan salah satu trend SEO 2017 yang disebut-sebut adalah bahwa long content – tulisan dengan jumlah kata 1.000 kata lebih akan mulai ditinggalkan.

Dengan Catatan….. . Long form akan ditinggalkan jika misalnya tulisan panjang itu tidak memberi value added. Jika mesin pencari menemukan artikel lain yang lebih padat dan isinya sama dengan di long form itu, dia akan lebih memunculkan artikel padat itu di halaman satu Google atau mesin pencari.
Untuk para blogger Indonesia, dengan catatan seperti itu, anda bisa mengambil peluang menjadi nomor satu dan mendapatkan traffic asalkan kamu bisa membuat konten yang berkualitas dengan jumlah kata yang sedikit.

6. Video Menang Melawan Gambar
Video Menang Melawan Gambar


Well, seperti prediksi oleh para influencer Indonesia yang dituliskan oleh Mbak Lusi Tris, video memang jadi primadona baru di dunia digital. Ada baiknya jika memang kamu memiliki passion dalam membuat video, kamu perdalam membuat video yang bagus itu. Tapi… buat yang gak suka bikin video, seperti saya ini, gak usah khawatir.

Google menunjukkan kalau gambar masih jadi visual konten yang dapat menghasilkan traffic blog dan tetap jadi faktor penting kok. Kok bisa? Well, indikasinya bisa dilihat dari investasi Google di Moodstock – situs penyedia gambar.
Yang harus diperhatikan oleh Blogger Indonesia dari Trend SEO 2017 ini adalah untuk meningkatkan visual konten dan belajar membuat video dan juga infografic ataupun menggunakan gambar yang bagus untuk blog post.

7. Long Tailed Keyword Masih Lebih Baik

Long tailed keyword masih lebih baik dibandingkan single keyword. Setidaknya saya kalau googling pasti pakai kalimat panjang bukannya satu kata doang. Nah… trend SEO 2017 juga masih menunjukkan ini. Long tailed keyword masih berpengaruh dan dipakai. Namun, ada satu yang harus diperhatikan.

Personalisasi. Pikirkan keyword yang memang dicari atau digunakan oleh pembaca blog anda. Misalnya saya menulis soal hotel. Apa sih yang dicari oleh orang. Tujuan mereka mencari apa? Bisa saja menggunakan keyword hotel murah dan nyaman di Kota Kediri. Kalau kita gunakan keyword ini, tujuan dari pencari adalah mendapatkan daftar hotel yang murah dengan tujuan bisa memesannya.

Kalau kita menulis review hotel di blog kita, kita bisa kembangkan review hotel itu dengan keyword di atas dan meyakinkan kalau memang hotel itu layak untuk dipesan dan cantumkan juga informasi pemesanannya dan harga.

Intent – Keyword intent. Dengan rankbrain, mesin pencari sekarang lebih pintar membaca tujuan seseorang memasukkan keyword. Nah inilah yang harus kita kembangkan. Coba saja googling hotel murah di Kediri, rata-rata akan muncul situs-situs pemesanan hotel di bagian atas.
Untuk Blogger Indonesia, menghadapi trend SEO yang ini, anda bisa lebih fokus pada apa yang dituliskan. Usahakan memang yang dicari oleh pembaca. Pikirkan kira-kira jika pembaca mencari keywords itu apa yang akan mereka cari. Dan berikan informasi yang diperlukan dalam postingan tersebut.

8. Personal Branding Jadi Sangat Penting

Sangat-sangat penting sekarang ini adalah personal branding. Dalam beberapa artikel soal trend SEO 2017 yang saya baca, di Moz, SEJ, dan lainnya, rata-rata menyebutkan kalau personal branding is the new SEO. Bahwa mesin pencari juga menempatkan situs atau blog yang dipercaya oleh banyak orang di posisi atas pencarian mereka karena hal branding ini.

Terus gimana dong?
Blogger Indonesia harus meningkatkan personal branding sebagai blogger. Saya sendiri sempat bicara dengan salah satu brand dan salah satu agency yang mencari blogger, menurut mereka, ke depannya lebih mencari blogger spesifik. maksudnya adalah sebuah blogger yang berfokus pada sebuah niche dan memiliki banyak penggemar
Gambarannya tidak beda jauh dengan apa yang terjadi di Indonesia. Begitu banyak blogger Indonesia saat ini, apakah anda termasuk yang diingat oleh orang ketika mereka membicarakan sesuatu?

Memang jika bicara soal personal branding agak ribet dan panjang lebar untuk dijabarkan. Intinya adalah menghadapi trend SEO 2017 yang ini, kita sebagai Blogger Indonesia harus mulai mengembangkan branding kita dengan lebih baik. Kalau mau punya branding traveller atau komedy juga boleh

9. Bing is the Next Big Thing
Bing is the Next Big Thing
Bukan karena Google di Indonesia sendiri sedang mengalami masalah soal pajak dan banyak yang menuntut untuk menutup akses Google. Tapi, kenyataannya adalah bahwa Bing sendiri memperbaiki diri dari waktu ke waktu sebagai mesin pencari. Dan Bing sekarang menjadi backbone atau mesin pencari yang digunakan oleh Siri, Yahoo dan juga Alexa.
Alexa menggunakan Bing sebagai mesin pencari. Jika anda sudah mendaftar Alexa – silahkan cek di dashboard tentang keyword yang masuk ke situs blog anda. Nah itu berasal dari Bing.
Demikian artikel mengenai 9 trend seo untuk tahun 2017 ini semoga bermanfaat dan menambah wawasa kita untuk mengembangkan blog lebih baik kedepanya juga meningkatkan kemampuan skill yang dimiliki agar mampu bersaing dengan blogger senior yang lain


Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like FansPage Helmykkediri dibawah serta jangan lupa untuk klik iklan yang ada pada Blog ini.untuk biaya perawatan admin
loading...

5 Responses to "Trend SEO 2017 untuk Blogger"

  1. mengenai seo lokal nih om, blog ane tentang penjualan, solusi agar di search google didaerah mana pun tetap sma di halaman 1 itu gmna ya ??
    dulu sblm ada seo lokal slalu di page1, tapi stelah ada itu, beda tempat beda posisi ;-( gmna ya om solusinya ??

    BalasHapus
  2. Google makin kompleks algoritmanya ya, jadi imbasnya SEO juga makin kompleks. Makasih informasinya mas Helmy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua itu tujuanya untuk meningkatkan kenyaman penggunanya ( user experience)

      Hapus
  3. "Dalam prediksinya, Search Engine Journal menuliskan kalau perbaikan terus menerus untuk SIRI (pengguna iphone), Google Now (Android user) dan Cortana (Microsoft) juga menunjukkan indikasi peningkatan voice search."

    Lah ini apa lagi, ane aja baru mulai coba-coba SEO eh udah semakin cepet dan banyak ya updatenya, harus belajar lebih serius nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Bantu jawab komentar ya

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik