Mengapa Blog Indonesia Bayaran Adsensenya Kecil

PENYEBAB BAYARAN ADSENSE BLOG INDONESIA KECIL DIBANDINGKAN BLOG BULE

Mengapa Blog Indonesia Bayaran Adsensenya Kecil

Selamat Datang di Blog Orang IT . Sebagai jaringan periklanan terbesar dan terluas didunia google adsense sangat digandrungi oleh para pelaku bisnis online, tak jarang pemilik website yang sudah ditolak berkali-kali rela mendaftarkan blog nya kembali dan berharap agar lamaranya kali ini diterima. Bahkan saking berharganya akun google adsense sampai diperjual belikan sehingga banyak orang merogoh uang yang tidak sedikit jumlahnya agar bisa menjadi partner publisher dari google adsense

Mendapatkan bayaran setiap bulan dari pengiklan google adsense merupakan harapan sebagian besar pemilik blog , namun untuk beberapa negara seperti di indonesia pasti bertanya-tanya mengapa bayaran klik iklan untuk blog bahasa indonesia relatif kecil ? mengapa visitor dari negara indonesia dianak tirikan ?

Sering kita dengar keluh kesah blogger indonesia dengan visitor 25 ribu perhari real human hanya mampu mengumpulkan bayaran 6$/hari dari google adsense tapi blog bule dengan ratusan klik saja sudah bisa mendapatkan 4 juta/hari , itulah sebabnya banyak para mastah berkecimpung dengan blog bule ketimbang blog lokal dan hal itu sering dibahas digroup maupun forum blogger indonesia
Akhir-akhir ini saya membuat blog bule dengan niche harga mobil , alhamdulillah meskipun visitornya sedikit pendapatan dari google adsense terbilang lumayan terkadang mendapatkan bayaran 3$/klik untuk jenis iklan asuransi mobil

Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa bayaran blog bule lebih besar ketimbang blog bahasa indonesia ?

Agar tidak ada anggapan bahwa google itu pelit berikut saya bahas penyebab nilai klik indonesia lebih kecil dibandingkan negara lainya 

1. Kurs indonesia lemah

Anda sering melihat berita bahwa keadaan rupiah diindonesia melemah , secara umum nilai mata uang rupiah itu murah jika dibandingkan dengan poundsterling , euro , dollar dll karena nilai mata uangnya saja rendah otomatis harga barang dan jasa diindonesia murah ( banyak bule beranggapan bahwa hidup di indonesia itu enak semua serba murah )

Jika anda berpromosi iklan di adword menggunakan target negara indonesia bisa dilihat biaya nya murah meskipun sebagian orang menganggapnya mahal  , coba anda ubah target negaranya dari indonesia ke amerika serikat barulah anda berfikir ternyata mahal juga ya

Jika sudah, coba lihat dan bandingkan berapa beban biaya untuk target negara Indonesia dan Amerika. Pasti biaya promosi untuk target Indonesia jauh lebih murah ketimbang Amerika Serikat. Nah, karena biaya promosi iklan Adwords di Indonesia lebih murah daripada di AS, maka tak heran apabila blogger-blogger Indonesia selalu saja mengeluh tentang bayaran Adsense blog atau minimnya biaya CPC Adsense.

2. Pengunjung Indonesia jaran melakukan transaksi

Faktor lain yang membuat murahnya klik iklan Adsense Indonesia adalah karena pengunjung Indonesia jarang melakukan transaksi secara online. Bila dibandingkan dengan pengunjung negara bule semacam AS, pengunjung Indonesia cenderung tidak mau melakukan transaksi secara langsung melalui iklan Adsense. Jangankan melakukan transaksi, mengklik iklannya saja pun jarang dilakukan. Jika itu terus berlangsung, akan berimbas pada bayaran iklan Adsense yang jadi rendah,

Coba pikirkan untuk apa orang berpromosi di Adwords? Tentunya untuk memperkenalkan produk mereka kepada pengunjung dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan bukan!
Tapi, apabila kenyataan yang terjadi tidak sesuai tujuan, maka orang-orang yang berpromosi itu pun akan mengalami kerugian sehingga tidak berniat berpromosi di Adwords lagi. Perlahan namun pasti, hal itu akan merugikan GoogleAdword dan para pengiklan produk/jasa di Indonesia.

3. Discount 500 ribu dari google adword

Seringkali Google mempromosikan produknya sendiri lewat iklan Adsense, salah satunya Adwords. Ya, Adwords ini bisa dibilang merupakan sebuah layanan milik Google. Dimana seseorang bisa mempromosikan produknya di website-website yang bermitra dengan Google.

Dalam mempromosikan Adwords, Google kerap memberikan diskon Rp 500 ribu untuk menarik hati para pengiklan baru supaya mau mempromosikan produknya. Dengan adanya diskon ini, Google tidak akan merugi.

Menurut opini pribadi saya, iklan yang mendapat diskon Rp 500 ribu itu mungkin akan dihargai dengan klik dan impresi yang murah. Sehingga blogger-blogger Indonesia pun akan sering mendapatkan iklan yang biayanya kecil. Tentu saja ini adalah opini, belum bisa dipastikan kebenarannya.

Layanan lain sepert bingAds juga sering memberikan coupon 700.000 secara cuma-cuma

4. Pengiklan pindah kemarket place

Sebelum marketplace popular, banyak orang menggunakan website sendiri untuk menjalankan usaha online. Mereka berlomba-lomba mengembangkan bisnis onlinenya tersebut dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan berpromosi ke Adwords.

Akan tetapi, semenjak marketplace booming, banyak dari pelaku usaha online tersebut meninggalkan website mereka dan bergabung dengan Marketplace.

Tentu ada alasan yang membuat mereka tertarik bergabung dengan Marketplace, beberapa diantaranya adalah mereka tidak perlu pusing memikirkan seo, promosi dan sebagainya.  Pihak Marketplace sudah punya nama besar dan juga punya pengunjung harian yang melimpah serta rajin promosi di media Televisi dan Internet.

Nah, berbicara mengenai promosi di Internet, entah mengaapa iklan Marketplace seringkali dihargai dengan biaya klik yang murah. Mungkin saja itu karena anggaran belanja iklan mereka nilainya besar, sehingga pemberian bonus yang membuat iklannya jadi murah tapi dengan jangkauan promosi yang luas. 

5. Migrasi kesearch network

Search Network adalah metode promosi Adwords dimana pengiklan menampilkan iklannya di halaman pencarian Google. Dalam beberapa kasus, para pengiklan yang sudah memiliki akun Adwords mengaku sering mendapatkan tawaran dari Google untuk berpromosi ke Search Network.

Tawaran ini tentu sangat menarik untuk pengiklan mengingat hasilnya akan lebih tertarget dan efektif dalam menjaring konsumen. Sebab itu, pengiklan mungkin lebih suka berpromosi dengan metode Search Network dan melupakan Display Network sehingga menyebabkan pengiklan Display Network jadi berkurang.

Keuntungan yang didapat dari metode Search Network akan masuk ke kantong Google 100%. Sedangkan di Display Network, Google harus rela berbagi pendapatan dengan penerbit.

Demikian postingan mengenai penyebab bayaran adsense untuk blog bahasa indonesia kecil , beberapa point diatas sifatnya hanya opini mengingat pihak google sendiri tidak pernah transparan dalam membeberkan aturan dari produk layananya sendiri jadi kebanyakan yang beredar diinternet termasuk trik seo hanyalah opini belaka


Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like FansPage Helmykkediri dibawah serta jangan lupa untuk klik iklan yang ada pada Blog ini.untuk biaya perawatan admin