Download Software untuk Tes Buta Warna

DOWNLOAD APLIKASI - SOFTWARE TES BUTA WARNA Color Blind

Download Software untuk Tes Buta Warna

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya kali ini saya akan share mengenai software aplikasi untuk melakukan test buta warna karena ketika seseorang melamar pekerjaan atau memasuki perguruan tinggi biasanya salah satu test selain psikotest adalah test buta warna ( test blind color )

Buta warna adalah kelainan penglihatan yang berhubungan dengan ketidak mampuan mata untuk membedakan warna tertentu. Retina mata kita memiliki 2 jenis sel yang sensitive terhadap cahaya. Yaitu sel batang (rod cell) yang aktif pada cahaya rendah dan sel kerucut (cone cell) yang aktif pada cahaya intensitas tinggi / terang. Ketika kedua jenis sel tidak sempurna maka terjadilah kasus buta warna.

Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.Tes Ishihara pertama kali dipublikasi pada tahun 1917 di Jepang dan terus digunakan di seluruh dunia, sampai sekarang.
Tes buta warna adalah salah satu tes yang diwajibkan dalam tes kesehatan. Dan metode tes buta warna yang sering digunakan adalah metode tes Ishihara oleh dr. Shinobu Ishihara. Dokter mata biasanya memiliki buku Ishihara yang terdiri dari 38 gambar (38 plates) untuk diuji pada pasiennya. Nah, gambar-gambar ini lah yang dimasukkan ke dalam satu software untuk dijadikan sebagai software tes buta warna.
Sebelum anda melakukan tes buta warna untuk pekerjaan atau perguruan tinggi militer / perkapalan dll alangkah baiknya anda membiasakan diri dengan contoh soal test buta warna dengan metode ishihara salah satunya dengan menggunakan software tes buta warna yang saya sediakan baik untuk versi PC maupun Smartphone maupun tes buta warna secara online melalui link yang saya sediakan dibawah ini.

1. Software Color Blind PC ( Tes buta warna )

Software color blind merupakan software yang dibuat dengan menggunakan rujukan metode test ishihara terdiri dari 38 gambar yang dilengkapi dengan skor dan hasil pengujian.

Hasil tes dari software ini ada tiga. Yaitu normal, buta warna parsial dan buta warna total. Ketiga hasil ini bisa diperoleh dari pengujian terhadap 38 gambar metode Ishihara. Gambar nomor satu hingga 25 merupakan soal tebak angka. Seseorang dengan berpenglihatan normal harus menjawab normal dari soal nomor 1 hingga 17 dan soal nomor 22 hingga 25. Kecuali untuk nomor 18 hingga 21 hanya bisa dilihat dengan jelas oleh penderita buta warna. Soal nomor 26 hingga 38 adalah soal dimana seseorang harus melihat susuran garis pada gambar. Orang normal mampu melihat jalur garis pada soal nomor 26 hingga 38 kecuali nomor 27 dan 28 karena kedua gambar ini dapat dilihat jelas oleh penderita buta warna.

SCreenshoot :
Download Software untuk Tes Buta Warna


2. Software Test buta warna PC

Software ini mirip dengan color blind dan menggunakan metodhe yang sama yakni ishihara  bedanya software ini berbasis flash jadi sebelum menjalankan software ini dikomputer pastikan komputer anda sudah terinstall flash player terlebih dahulu

Screenshoot:

Download Software untuk Tes Buta Warna




3. Test buta warna Online

Untuk memulai test buta warna online klik tulisan berikut
=> Ishihara 38 Plates Color Vision Deficiency Test <=
4. Aplikasi Test buta warna untuk Android

Karena sekarang jamanya sudah mobile , jadi beberapa software telah dibuat versi mobile nya untuk smartphone android salah satunya untuk aplikasi tes buta warna sendiri . Silahkan didownload melalui link berikut

Download Software untuk Tes Buta Warna

Demikian postingan mengenai Download software untuk test Buta Warna semoga bermanfaat, memang dari beberapa software ini mungkin telah mengalami beberapa perubahan namun inti nya tetap sama . Untuk hasil lebih pasti anda bisa melakukan test dirumah sakit terdekat . sekian dan terimakasih

Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like FansPage Helmykkediri dibawah serta jangan lupa untuk klik iklan yang ada pada Blog ini.untuk biaya perawatan admin