Pengertian dan Keutamaan Puasa Arafah

KEUTAMAAN DAN NIAT PUASA SUNAH TARWIYAH DAN ARAFAH BULAN DZULHIJJAH

Pengertian dan Keutamaan Puasa Arafah
Selamat Datang di Blog Orang IT . Kali ini saya akan share mengenai pengertian dan tatacara melaksanakan ibadah puasa sunnah di sepuluh bulan dzulhijjah yaitu puasa sunah arafah dan tarwiyah serta keutamaanya. Sepuluh hari bulan dzuhijah merupakan salah satu hari yang paling di Cintai oleh Allah SWT maka sebagai hamba kita bisa meningkatkan amal ibadah guna menambah pahala , meninggikan drajat dan menghapuskan dosa.

Pengertian Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijah . Memang TIDAK ADA satu hadits pun yang 'jelas dan tegas' menyatakan sunnah berpuasa pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijah). Namun beberapa hadist menjelaskan keutamaan dari sepuluh hari bulan dzulhijah jadi tidak ada salahnya kita mengerjakan ibadah puasa sunnah tarwiyah ini
Terdapat hadits yang diriwayatkan Imam Ad Dailami: ( Hadist Dhloif )
صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ، وَصَوْمُ يَوْمِ عَرفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ

“Puasa pada hari tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.”
Dikatakan hadits ini dloif (kurang kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dloif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan asal tidak bermaksud untuk mendapatkan keutamaan dari hadist diatas hanya sekedar mengamalkannya murni karena niat lillahitata'ala
Pengertian dan Keutamaan Puasa Arafah
Foto Kenangan Emak
Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 dzulhijah , dilaksanakan pada hari arafah yakni ketika diberlangsungkanya wukuf ditanah arafah . Pelaksanaan wukuf diarafah sendiri merupakan inti dari ibadah haji maka pelaksanaan puasa sunnah arafah ini dianjurkan bagi orang - orang yang tidak melaksanakan ibadah haji agar mereka bisa ikut merasakan nikmatnya haji.

Keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah

Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda:
 صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)
"Dan puasa pada hari Arafah –aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) –aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu.” [Shahih riwayat Imam Muslim, Abu Dawud , Ahmad , Baihaqi, dan lain-lain]
Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada hari yang dimana Allah memerdekakan banyak hamba-hamba-Nya dari neraka daripada hari Arafah. Allah sesungguhnya mendekati mereka dan membangganggakan mereka kepada para Malaikat seraya berkata: Apa saja yang mereka inginkan? (akan Aku kabulkan)." (HR. Muslim, juga Tirmidzi, hadist ini shahih).
Dari Abi Qatadah ra., ia berkata Rasulullah saw. telah bersabda: "Puasa hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang." (RIWAYAT JAMA'AH kecuali Bukhari dan Tarmidzi)
Puasa sunah arafah dan tarwiyah sendiri sangat dianjurkan karena persepuluh bulan dzulhijah adalah hari - hari yang istimewa berdasarkan Abnu Abbas r.a yang meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:
ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا 
 الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء
Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari)

Dalil Mengenai Puasa Arafah Tarwiyah

Beberapa istri Nabi mengatakan: "Adalah Rasulullah saw. berpuasa pada 9 hari awal Dzulhijah, hari ‘Asyura (10 Muharram), puasa 3 hari tiap bulan” (H.R. Abu Dawud, juga H.R. Ahmad dan H.R. Nasa'i, hadits ini shahih).
Rasulullah SAW juga bersabda: “Jika kamu masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka bersungguh-sungguhlah sampai hampir saja ia tidak mampu menguasainya (melaksanakannya).” (HR. Ad Darimi, hadits ini hasan)
Hadist mengenai keutamaan 10 hari pertama bulan dzulhijah :
“ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله، من هذه الأيام العشر” رواه البخاري.

Artinya: Tidak ada hari yang di dalamnya amal soleh lebih dicintai Allah kecuali pada sepuluh hari ini (maksudnya 10 hari bulan Dzul Hijjah). HR Bukhari.
Puasa adalah jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadist Qudsi: Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku.
Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun. (HR Bukhari Muslim)

Niat Puasa 10 Hari Pada Dzulhijjah

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala  
DO'A NIAT PUASA TARWIYAH

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.

DO'A NIAT PUASA ARAFAH
 

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.

Amalan Lain 10 Hari Di Bulan Dzulhijah 

Ulama mengatakan, “Barangsiapa memuliakan atau menghidupkan 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dengan amalan-amalan ibadah maka Allah Ta’ala akan memberinya 10 keistimewaan, yaitu:
  • Allah memberikan berkah pada umurnya
  • Allah menambah rizqinya
  • Allah menjaga diri dan keluarganya
  • Allah mengampuni dosa-dosanya
  • Allah melipatgandakan pahalanya
  • Di mudahkan keluarnya nyawa ketika dalam keadaan sakaratul maut
  • Allah menerangi kehidupannya
  • Di beratkan timbangan kebajikannya
  • Terselamatkan dari semua kesusahannya
  • Di tinggikan derajatnya di sisi Allah Ta’ala
Demikian postingan mengenai Pengertian dan Keutamaan Manfaat dari Puasa Arafah Tarwiyah semoga bermanfaat jangan lupa bagikan kepada umat untuk menambah pahala kebaikan kita . Sekian dan terimakasih
loading...

1 Response to "Pengertian dan Keutamaan Puasa Arafah"

  1. artikel mengenai keutamaan Puasa Sunah arafah,, sangat bermanfaat, saya suka artikelnya. terimakasih

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Bantu jawab komentar ya

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik