Keutamaan Syarat dan Hukum Ibadah Kurban

KEUTAMAAN IBADAH KURBAN DAN SYARAT HEWAN PENYEMBELIHAN KURBAN 

7 Hikmah dan Keutamaan Qurban 'Idul Adha
Selamat Datang di Blog Orang IT . Saat ini kita memasuki bulan dzulhijah yang merupakan salah satu bulan yang suci bagi umat muslim dimana kita diperintahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan kurban yang telah disyariatkan dalam didalam hukum islam seperti kambing , domba , sapi / kerbau dan unta .

Hari puasa adalah hari ketika orang-orang berpuasa, Idul Fitri adalah hari ketika orang-orang berbuka, dan Idul Adha adalah hari ketika orang-orang menyembelih” (HR. Tirmidzi) 

Ibadah Kurban atau biasa disebut juga " udzuhiyah " yang artinya hewan yang disembelih saat idul adha untuk kurban pada tanggal 10 , 11, 12 dan 13 dzulhijah ( disebut hari tasyrik) dengan niat ikhlas untuk beribadah dan ketaatan kepada Allah Ta'ala.

Kurban ( adha ) berarti mendekatkan diri yang artinya kita mendekatkan diri kepada Allah SWT , mengorbankan harta duniawi demi Allah , tunduk kepada Allah dan sebagai tanda syukur kita atas rezeki , hidayah serta nikmat yang telah diberikan kepada kita

Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakad artinya sunnah yang dianjurkan dan bisa menjadi wajib jika seseorang yang mampu secara ekonomi sebaiknya berqurban dan tidak meninggalkannya karena  Qurban dalam ketaatan pada perintah Allah SWT, apalagi Rasulullah telah “mengancam” bahwa :
Barangsiapa memiliki kelapangan, namun ia tidak berqurban, maka janganlah datangi mushalla kami” (HR. Ahmad)

Dalil di syariatkanya perintah ibadah kurban

Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3)

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS. Al Kautsar: 1-3).

Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda, Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu. (HR Tirmidzi).

Keutamaan Ibadah Kurban

1. Kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]

2. Berkurban adalah ciri keislaman seseorang

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” [HR. Ahmad dan Ibnu Majah]

3. Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah


Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” [HR. Ibn Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi menyatakan: Hadits ini adalah hasan gharib]

4. Berkurban membawa misi kepedulian pada sesama, menggembirakan kaum dhuafa

“Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” [HR. Muslim]

5. Berkurban adalah ibadah yang paling utama
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah ra sebagaimana dalam Majmu’ Fatawa (16/531-532) ketika menafsirkan ayat kedua surat Al-Kautsar menguraikan : “Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan beliau untuk mengumpulkan dua ibadah yang agung ini yaitu shalat dan menyembelih qurban yang menunjukkan sikap taqarrub, tawadhu’, merasa butuh kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, husnuzhan, keyakinan yang kuat dan ketenangan hati kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, janji, perintah, serta keutamaan-Nya.”
 قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
  
“Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurban), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” [Qur’an Surat Al An’am : 162]

Beliau juga menegaskan: “Ibadah harta benda yang paling mulia adalah menyembelih qurban, sedangkan ibadah badan yang paling utama adalah shalat…”

6. Berkurban adalah sebagian dari syiar agama Islam

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ 

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” [Qur’an Surat Al Hajj : 34]

7. Mengenang ujian kecintaan dari Allah kepada Nabi Ibrahim

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” [Qur’an Surat Ash Shaffat : 102 - 107]

Hikmah Ibadah Kurban

Ibadah berkurban sendiri disyariatkan Allah SWT untuk mengenang sejarah idul adha tentang ke taatan Nabi Ibrahim As serta untuk memberikan kemudahan atau keringanan bagi saudara sesama muslim yang kurang mampu agar bersuka cita pada hari Idul Kurban tersebut . Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW : Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.

Syarat- syarat Hewan untuk Kurban

1. Sapi ( kerbau ) , Kambing ( domba ) atau Unta selain ketiga jenis hewan ini tidak diperbolehkan
2. Umur hewan yang cukup untuk kurban adalah domba yang berumur setengah tahun , kambing yang berumur 1 tahun , dan unta yang berumur 5 tahun baik itu jantan atau betina sesuai beberapa hadist
Dari Abu Hurairah ra berkata, aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, Binatang kurban yang paling bagus adalah kambing yang jadza ( powel / berumur satu tahun ). (HR Ahmad dan Tirmidzi).
Dari Jabir ra, Rasulullah saw bersabda, Janganlah kalian mengurbankan binatang kecuali yang berumur satu tahun ke atas, jika itu menyulitkanmu, maka sembelihlah domba Jadza.

3. Hewan tersebut memang diniat kan untuk dikurbankan 

Syarat Hewan yang tidak boleh diKurbankan

1. Hewan yang penyakitan ( terlihat jelas )
2. Hewan yang buta
3. Hewan yang pincang kakinya atau cacat misal tanduk atau telinganya hilang
4. Hewan yang sum  - sum tulangnya tidak ada atau terlihat kurus kering , sesuai sabda Rasulullah SAW
Ada empat penyakit pada binatang kurban yang dengannya kurban itu tidak mencukupi. Yaitu yang buta dengan kebutaan yang nampak sekali, dan yang sakit dan penyakitnya terlihat sekali, yang pincang sekali, dan yang kurus sekali. (HR Tirmidzi seraya mengatakan hadis ini hasan sahih).

Waktu Penyembelihan Hewan Kurban

Untuk proses penyembelihan hewan kurban tidak disyaratkan untuk disembelih sesuah terbit matahari idul adha . Sesudah itu boleh untuk menyembelihnya pada hari - hari tasyrik ( 11, 12 ,13 dzulhijjah ) baik diwaktu siang ataupun malam dan setelah hari itu tidak ada lagi penyembelihan hewan kurban
Dari al-Barra ra Nabi saw bersabda, Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini (Iduladha) adalah kita salat, kemudian kita kembali dan memotong kurban. Barangsiapa melakukan hal itu, berarti ia mendapatkan sunnah kami. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum itu, maka sembelihan itu tidak lain hanyalah daging yang ia persembahkan kepada keluarganya yang tidak termasuk ibadah kurban sama sekali.
Abu Burdah berkata, Pada hari Nahar, Rasulullah saw berkhotbah di hadapan kami, beliau bersabda: Barangsiapa salat sesuai dengan salat kami dan menghadap ke kiblat kami, dan beribadah dengan cara ibadah kami, maka ia tidak menyembelih kirban sebelum ia salat.
Dalam hadis yang lain, Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa yang menyembelih sebelum salat, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya. Dan barangsiapa yang menyembelih setelah salat dan khotbah, sesungguhnya ia telah sempurnakan dan ia mendapat sunnah umat Islam. (HR Bukhari dan Muslim). 

Berkurban bersama -sama atau iuran kurban

Dalam ibadah kurban diperbolehkan bergabung atau iuran jika hewan yang dikurbankan berupa unta atau sapi ( kerbau ) yang berlaku untuk tujuh ( 7 orang ) atau unta untuk 10 orang , dan domba untuk 1 orang jika mereka semua meniatkan untuk berkurban dan bertaqarrub kepada Allah SWT .
Dari Jabir ra berkata, Kami menyembelih kurban bersama Nabi saw di Hudaibiyyah seekor unta untuk tujuh orang, begitu juga sapi (kerbau). (HR Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi) 

Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

1. Wajib membaca basmalah , disunnahkan dengan membaca takbir

وَلا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ

Jangan kalian makan sembelihan yang tidak disebut nama Allah atasnya, karena itu adalah kefasikan. . .” (QS. Al An’am: 121)
2. Tenangkan hewan sebelum disembelih , gunakan pisau yang tajam agar urat leher cepat putus sehingga hewan tidak terlalu lama merasakan sakit
Jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian menajamkan pisau dan hendaknya ia menenangkan hewan sembelihannya” (HR. Muslim)
 3. Meletakkan salah satu kaki pada leher hewan sembelihan
Nabi Shallallahu’alahi Wasallam berqurban dengan dua kambing kibasy berwarna putih lagi panjang tanduknya. Beliau menyembelihnya dengan tangan beliau sendiri sambil membaca basmalah dan bertakbir serta meletakkan kaki beliau diatas leher keduanya” (HR. Bukhari – Muslim)
4. Menghadapkan hewan sembelihan kearah kiblat

Pembagian Daging Hewan Kurban 

Daging kurban wajib di sedekahkan dalam ke adaan mentah, dan orang yang berkurban boleh memakan sebagiannya, firman Allah dalam AL - Quran :

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَاهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : . . .maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta / orang cukup ) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. ( QS : Al : Hajj : 36 )

Intinya, pemanfaatan hasil sembelihan qurban yang dibolehkan adalah:

    Dimakan oleh shohibul qurban. ( Orang keluarga yang berkurban )
Disedekahkan kepada faqir miskin untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  • Dihadiahkan pada kerabat untuk mengikat tali silaturahmi, pada tetangga dalam rangka berbuat baik dan pada saudara muslim lainnya agar memperkuat ukhuwah.


  • Demikian postingan mengenai Pengertian Kurban dan TataCara Melaksanakan Kurban semoga bermanfaat jika ada yang mau menambah atau koreksi silahkan saja . Sekian dan terimaaksih jangan lupa untuk selalu mengikuti update postingan terbarunya.

    Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like Fanspage helmykkediri serta jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini untuk perawatan admin

    0 Response to "Keutamaan Syarat dan Hukum Ibadah Kurban"

    Poskan Komentar

    Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT aturan berkomentar yang baik dan benar :

    1. Blog ini tidak memberikan backlink dikotak komentar karena sifatnya nofollow

    2. Jika masih menyertakan link aktif tidak akan berefek apapun baik bagi blog anda maupun blog saya

    3. Jika artikel postingan dirasa sudah expired atau outdate silahkan berkomentar minta diperbaharui atau hubungi admin melalui menu about

    4. Berkomentar dengan relevan , usahakan komentar bermanfaat bagi pengunjung yang lain

    5. Admin mengabaikan komentar anonimous

    Terimakasih sekian jangan lupa Follow Blog Orang IT dan Like Fanspage Helmykkediri