Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT SAAT PUASA RAMADHAN

   
Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

     Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan sebelumnya membahas mengenai Dosa yang Dilipat gandakan Balasanya di Bulan Ramadhan . Kemudian postingan kali ini sedikit tips kesehatan untuk Mencegah Bau Mulut saat Puasa di Bulan Ramadhan ini . Saat seorang sedang berpuasa , bau mulut merupakan suatu hal yang harus disiati karena betapa nikmatnya Puasa kita jika terhindar dari yang namanya masalah Bau Mulut .

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.


     Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Karena pada bulan yang penuh berkah ini, kita sebagai umat Islam bisa mengumpulkan pahala dan berkah yang sebanyak-banyaknya. Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, maka kita akan mendapatkan balasan pahala yang besar.  Pada saat bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa dari mulai terbitnya fajar hingga matahari tenggelam. Meski begitu, kewajiban akan berpuasa sering kali menimbulkan keluhan yang berhubungan dengan bau mulut bagi yang sedang menjalankan puasa. Didalam dunia medis, kondisi ini disebut juga dengan Halitosis.

Penyebab Bau Mulut 

     Bau mulut sering disebabkan karena kurangnya jumlah produksi air liur yang dihasilkan kelenjar ludah di dalam lidah kita. Dan tentu saja kurangnya air liur bisa membuat bakteri penyebab bau mulut menjadi semakin berkembang dan bertambah banyak. Untuk itu kita perlu memperhatikan dan menjaga kebersihan mulut kita. Dan Nabi Muhammad SAW  juga sudah mencontohkan untuk menjaga kebersihan mulut menggunakan siwak saat beliau sedang berpuasa.

Selain berasal dari mulut , penyebab bau mulut ketika orang berpuasa bisa juga berasal dari lambung yang kosong . Uap akibat perut yang kosong naik ke atas sehingga menyebabkan bau mulut

Ibnu Rajab Rahimahullah berkata,

قال الحافظ ابن رجب “خلوف الفم: رائحة ما يتصاعد منه من الأبخرة لخلو المعدة من الطعام بالصيام، وهي رائحة مستكرهة في مشام الناس في الدنيا لكنها طيبة عند الله حيث كانت ناشئة عن طاعته وابتغاء مرضاته، كما أن دم الشهيد يجيء يوم القيامة يثغب دماً لونه لون الدم وريحه ريح المسك
“Bau yang naik berupa uap karena kekosongan lambung dari makanan ketika puasa. Bau yang tidak disukai oleh penciuman manusia di dunia. Akan tetapi baik di sisi Allah karena muncul dari ketaatan dan mencari keridhaan Allah. Sebagaimana darah orang yang syahid akan datang pada hari kiamat, warnanya warna darah tetapi baunya bau misk.”

     Secara hubungan Vertikal bau mulut orang yang sedang berpuasa itu di Sisi Allah SWT seperti bau minyak katsuri bahkan lebih harum dan di cintai Oleh Allah Ta'ala namun secara hubungan Horizontal bau mulut tetaplah bau mulut oleh karena itu untuk menjaga hubungan sesama manusia kali ini saya  akan memberikan .

Tips Mencegah Bau mulut saat berpuasa :

  • Minum 8 Gelas Air setiap hari
     Pada saat puasa, tubuh kehilangan banyak cairan karena kita dilarang minum dan makan dari mulai sahur hingga berbuka puasa. Dan untuk memastikan tubuh tidak kekurangan cairan, maka kita dianjurkan untuk meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari agar kebutuhan cairan kita setiap hari bisa terpenuhi.

Untuk memenuhi cairan tubuh tersebut, kita bisa minum 2 gelas saat berbuka puasa kemudian kita bisa minum 4 gelas air dari mulai makan malam hingga menjelang tidur serta 2 gelas air saat sahur. Minum 8 gelas air putih setiap hari selain untuk menjaga tubuh tetap sehat juga bisa mengatasi masalah bau mulut.
  • Konsumsi Buah dan Sayur
     Sebagaimana kita tahu, buah dan sayur mengandung banyak serat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, kandungan yang terdapat pada buah dan sayur bisa membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut sehingga bisa mencegah terjadinya bau mulut. Saya sarankan untuk mengkonsumsi buah apel atau strowberry, kalau memang tidak ada juga bisa buah yang lain yang banyak mengandung serat.
  • Hindari Merokok
     Merokok bisa menyebabkan bau mulut saat kita sedang menjalankan puasa. Selain itu, kamu juga pasti tau apa dampak negatif yang ditimbulkan dari rokok. Maka sebisa mungkin hindarilah merokok, agar kamu tidak bau mulut saat berpuasa dan juga bisa menjaga kesehatan kamu.
  • Menggosok Gigi
      Jika pada hari biasa kita menggosok gigi pada waktu pagi dan malam hari, maka pada bulan Ramadhan kita harus menyesuaikannya dengan menggosok gigi pada saat setelah berbuka puasa dan setelah makan sahur. Bisa juga ditambah dengan menggosok gigi sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa juga menggunakan mouthwash cukup 2 kali dalam seminggu. Karena jika terlalu sering menggunakan mouthwash setiap hari, malah akan menyebabkan mulut menjadi terasa kering. Bisa juga dengan menggunakan Siwak seperti sunnah Nabi

Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengatakan,

رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- مَا لاَ أُحْصِى يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ
“Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.
  •  Minum Teh Hijau
     Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  • Berolahraga Setiap Pagi
     Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.


Sekian tips dari Blog OrangIT  mengenai menghilangkan masalah bau mulut. Semoga bisa membantu kamu untuk mengatasi bau mulut saat sedang menjalankan ibadah puasa. Dan semoga Puasa kita tahun ini bisa diterima oleh Allah SWT. Serta kita bisa mendapatkan berkah dari bulan suci Ramadhan ini. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen temen kamu agar mereka juga bisa menghilangkan masalah bau mulut saat puasa. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like Fanspage helmykkediri serta jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini untuk perawatan admin

0 Response to "Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa"

Poskan Komentar

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT aturan berkomentar yang baik dan benar :

1. Blog ini tidak memberikan backlink dikotak komentar karena sifatnya nofollow

2. Jika masih menyertakan link aktif tidak akan berefek apapun baik bagi blog anda maupun blog saya

3. Jika artikel postingan dirasa sudah expired atau outdate silahkan berkomentar minta diperbaharui atau hubungi admin melalui menu about

4. Berkomentar dengan relevan , usahakan komentar bermanfaat bagi pengunjung yang lain

5. Admin mengabaikan komentar anonimous

Terimakasih sekian jangan lupa Follow Blog Orang IT dan Like Fanspage Helmykkediri