7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan

7 AMALAN PENGHAPUS DOSA DIBULAN RAMADHAN

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan


    Bulan puasa Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, kemuliaan dan kebaikan. Karena semua amalan yang kita kerjakan mendapatkan nilai yang lebih serta dilipat gandakan oleh Allah SWT. Setiap amalan akan mendapatkan kebaikan hingga sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan. Kecuali amalan puasa, karena amalan puasa akan dilipat gandakan kebaikannya oleh Allah SWT tanpa ada batasnya. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan pengampunan. Setiap Muslim yang bertobat pada bulan ini mendapatkan pengampunan dari Allah serta di ampuni segala dosa-dosanya.

    Begitu mulianya Bulan Ramadhan ini karena pada bulan ini merupakan bulan awal diturunkannya  Alqur.an. Dan juga terdapat malam yang penuh kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Amalan-Amalan Pelebur Dosa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pengampunan. Semua dosa-dosa yang telah diperbuat selama ini bisa diampuni dosa nya jika kita mau bertobat kepada Allah. Sampai sampai para ulama sering mengatakan, kalau tidak dibulan Ramadhan mendapatkan ampunan, lalu mau dibulan mana lagi??

Dan berikut amalan-amalan yang bisa kita lakukan dibulan Ramadhan agar kita bisa mendapat pengampunan dari Allah SWT.

1.   Puasa Ramadhan

Amalan yang pertama dan wajib kita lakukan dibulan ini adalah puasa Ramadhan. Semua muslim didunia pasti tahu jika Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat. Ikhlas lah dalam menjalani puasa Ramadhan agar mendapatkan balasan dari Allah yang sebesar-besarnya. Bukan semata hanya untuk menggugurkan kewajiban saja. Lakukanlah dengan penuh keikhlasan dan keimanan hanya untuk Allah SWT.

Berikut dalil akan keutamaan puasa bulan Ramadhan yang akan menghapus dosa, diantaranya yaitu :

a) Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni" (HR. Bukhari Muslim ).  

b) Keluarga, harta, dan anak dapat menjerumuskan seseorang dalam maksiat (fitnah). Namun fitnah itu akan terhapus dengan shalat, shaum, shadaqah, amar ma’ruf (mengajak pada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran)." (HR. Bukhari Muslim) 
 

2.    Solat Wajib Lima Waktu, bertemu dengan hari Jum.at dan bertemu dengan Ramadhan

Berikut ini saya berikan salah satu dalil yang menjelaskan tentang solat lima waktu yang bisa melebur dan menghapus dosa. Dalil hadits Abu Hurairah radhiyallahu' anhu. Nabi Sallahualaihi Wasallam bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya
"Antara shalat yang lima waktu, antara jum'at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar."

3.   Membaca dan Taddabur Alqur.an

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan

Pada bulan inilah Alquran pertama kali diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dijelaskan oleh Allah dalam QS. Al Baqarah ayat 185 yang artinya :
"Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan didalamnya Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan  mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil) "

4.   Solat Tarawih

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan

  Salat Tarawih memiliki keutamaan lebih daripada  di selain bulan Ramadhan. Salat Tarawih adalah solat sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan dan orang yang menjalankan solat Tarawih bisa mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT. Berikut salah satu dalil oleh Bukhari Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu, anhu. Nabi Shallahu'alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

5.   Sedekah di Bulan Ramadhan

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan

Amalan yang kita lakukan dibulan Ramadhan tidak hanya yang berhubungan dengan Allah saja. Namun ada juga yang memberikan efek kebaikan yang bisa dirasakan oleh orang lain. Salah satunya adalah bersedekah. Memang bersedekah ini sangat sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW karena memang banyak hikmah keutamaannya. Sebagaimana yang disebutkan didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu yang artinya :
"Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan kedermawaan beliau akan bertambah pada bulan Ramadhan ketika bertemu dengan Jibril. Beliau bertemu dengan Jibril setiap malam Ramadhan untuk mempelajari Al-Qur’an, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih dermawan dari hembusan angin (yakni sangat mudah mengeluarkan sedekah)." 

 Baca Juga : Kedahsyatan Sedekah di Bulan Ramadhan

6.    Menghidupkan Solat Malam Pada Lailatul Qadar

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan
Allah SWT memberikan kita satu malam yang sangat istimewa yaitu malam Lailatul Qadar. Solat malam pada malam Lailatul Qadar akan menghapus segala dosa kita dimasa lalu. Selain itu pahala yang didapatkan ketika kita melakukan ibadah pada malam ini lebih baik daripada ibadah yang dilakukan seribu bulan. Salah satu dalil yang menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar adalah  Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Hurairah radhiyallahu' anhu. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya :
"Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

7.    Membayar Zakat Fitrah

7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan
Membayar Zakat Fitrah pada akhir Ramadhan adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengampunan dari Allah. Ulama - ulama terdahulu mengatakan jika zakat fitrah itu seperti sujud Sahwi atau sujud yang dilakukan ketika lupa dalam solat untuk menutupi kekurangan yang ada. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu, ia berkata : "Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang berpuasa dari kata kata yang sia sia dan kata kata keji, serta untuk memberi kepada orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat maka itu hanya dianggap sedekah diantara berbagai sedekah."


Sekian tadi 7 Amalan yang bisa menghapus dosa yang bisa kita lakukan pada saat Bulan Ramadhan. Semoga segala amal yang sudah dijalankan bisa diterima oleh Allah SWT. Terimakasih sudah mengunjungi Blog Orang IT dan semoga artikel diatas bisa bermanfaat serta berguna bagi kita semua.


Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like Fanspage helmykkediri serta jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini untuk perawatan admin

0 Response to "7 Amalan Penghapus Dosa Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih