Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery

CARA MENGATASI MASALAH CONSIDER REPLACING YOUR BATTERY

Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery
Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Mengatasi Baterai Laptop tidak terisi 100% yang akan saya singgung disini adalah masalah baterai laptop yang telah lama dicash namun tidak kunjung penuh atau ada icon tanda silang merah dan muncul pesan Consider Replacing Your Battery . Yang berarti Waktunya untuk mengganti baterai.



Baterai merupakan elemet penting pada laptop yang berperan sebagai sumber daya . Masalah Consider Replacing Your Battery ini kadang muncul pada baterai laptop yang sudah usang dan minta di ganti , kadang muncul pada baterai yang awalnya normal atau muncul pada baterai yang baru saja dibeli . Banyak sekali penyebab munculnya Notif pemberitahuan Consider Replacing Your Battery yang biasanya di ikuti dengan tanda silang merah

Berikut beberapa penyebab umum munculnya pesan Consider Replacing Your Battery saat laptop anda sedang di cash atau dicharger :

1. Sistem windows belum UptoDate , biasanya akibat Upgrade windows / windows update

2. Salah dalam hal perawatan baterai bisa diakibatkan karena bergonta-ganti baterai

3. Sering menginstall software yang berhubungan untuk menghemat baterai , memantau CPU , mengecek kondisi RAM sehingga menyebabkan baterai laptop bermasalah

4. Proses CDC (Charge disCharge) dimana anda melepas charger ketika baterai penuh dan menunggu hingga baterai lemah kemudian mencolok charger lagi. 

5. Masa pakai baterai memang sudah berakhir. Dalam hal ini anda bisa melihat report dengan cara memeriksa Power Efficiency Diagnostics Report tentang penggunaan baterai laptop anda.

6. Wear level baterai sudah sangat tinggi sehingga memang kapasitas simpan daya pada baterai sudah lemah.
Setelah mendiagnosa masalah yang mungkin terjadi , anda bisa membaca Solusi Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery  sebelum anda berpikir untuk mengganti baterai laptop anda dengan baterai laptop yang baru silahkan coba beberapa cara sederhana berikut ini :

CARA 1 : Lakukan Kalibrasi Pada Baterai Laptop

1. Proses pertama ini cukup krusial alias penting dimana kondisi baterai harus mencapai titik maksimal daya simpan baterai itu sendiri yaitu 100%. Nah perlu diperhatikan bahwa 100% disini bukanlah level baterai karena ada bebarapa laptop yang karena memang daya simpannya sudah menurun sehingga hanya mampu mencapai titik maksimal 90%.

Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery
Consider Replacing Your Baterai
2. Setelah kondisi baterai 100%, matikan laptop dalam keadaan Charger masih tersambung.

3. Kemudian langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah pada baterai adalah dengan menghidupkan laptop kamu dan menekan tombol f8 berulangkali hingga muncul Advanced Boot Options lalu pilih menu Safe Mode.

Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery
Masuk Safe Mode
4. Kemudian setelah masuk ke dalam sistem kamu bisa mencabut charger laptop kamu. Kamu bisa membiarkan laptop kamu sampai mati dengan sendirinya, sebaiknya kamu tidak menggunakan laptop kamu ketika sedang menjalankan proses ini.

5. Langkah terakhir untuk mengatasi masalah pada baterai yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan kembali charger laptop sambil menyalakan laptop kamu seperti biasanya.

CARA 2 :  Uninstall Driver Baterai Laptop

Mungkin saja Masalah Consider Replacing Your Battery diakibatkan karena Malfungsi pada masalah driver , jadi solusinya anda harus meng Uninstall driver baterai laptop anda kemudia me Restart laptop anda secara otomatis driver yang baru saja di Uninstall akan terdeteksi kemudian meng Install driver baru.

Masuk device manager ( My computer klik kanan manage ) - device manager - baterai - klik kanan uninstall satu persatu setelah itu restart windows anda. Jika berhasil maka notiff Masalah Consider Replacing Your Battery   tidak akan muncul lagi

Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery
Uninstall Driver Baterai
CARA 3 : Lakukan Windows Update

Biasanya masalah error Consider Replacing Your Battery ini muncul saat laptop anda telah diinstal ulang. Kemungkinan penyebabnya adalah beberapa file yang dibutuhkan oleh hardware baterai untuk beroperasi tidak terinstal dengan benar. Mungkin juga pada saat instalasi Windows ada beberapa error yang tidak kita sadari sehingga Windows update tidak mengidentifikasi sistem baterai kita. Solusinya yaitu dengan mengupdate system Windows kita melalui Control Panel>System and Security>Windows Update.

Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery
Check for Update
Tips Merawat Baterai Laptop

Usahakan untuk tidak memakai laptop secara berlebihan saat menggunakan baterai (misalnya main game) hingga laptop mati atau hibernate secara otomatis, kemudian anda menutup laptop anda secara langsung , dan yang terpenting, cabut charger laptop jika baterai sudah terisi penuh dan carger kembali pada saat baterai akan habis (biasanya ada pemberitahuan sebelum baterai habis).


Ya begitulah cara dasar memperbaiki masalah Consider Replacing pada Baterai Laptop semoga bermanfaat  . Jika masih tidak berhasil silahkan pergi dan berkonsultasi pada ahlinya jika ada yang menambah silahkan mengingat saya bukan seorang teknisi komputer yang handal.


Follow Blog Orang IT dan jangan lupa Like Fanspage helmykkediri serta jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini untuk perawatan admin

1 Response to "Memperbaiki Masalah Consider Replacing Your Battery"

  1. kalau tanda baterenya seperti itu tetapi kalau tidak pakai cas laptop langsung mati apa cara itu juga bisa digunakan min? atau memang batere laptopnya rusak...
    stand blower

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT aturan berkomentar yang baik dan benar :

1. Blog ini tidak memberikan backlink dikotak komentar karena sifatnya nofollow

2. Jika masih menyertakan link aktif tidak akan berefek apapun baik bagi blog anda maupun blog saya

3. Jika artikel postingan dirasa sudah expired atau outdate silahkan berkomentar minta diperbaharui atau hubungi admin melalui menu about

4. Berkomentar dengan relevan , usahakan komentar bermanfaat bagi pengunjung yang lain

5. Admin mengabaikan komentar anonimous

Terimakasih sekian jangan lupa Follow Blog Orang IT dan Like Fanspage Helmykkediri