Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris

PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI LAYAR LAPTOP BERGARIS

Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris
Selamat Datang di Blog Orang IT. Postingan saya sebelumnya mengenai Tips Download File Agar tidak Corrupt  kemudian postingan kali ini akan membahas sedikit masalah trouble shoot pada LCD / LED Laptop mengenai solusi dan cara mengatasi layar bergaris pada laptop atau biasa disebut dengan Dead Pixel .


LCD / LED merupakan salah saru perangkat penting yang berfungsi sebagai output system yang menjembatani antara hardware dengan brainware atau pengguna . Namun terkadang terdapat masalah pada layar laptop seperti terjadinya layar bergaris , dead pixel atau bahkan layar laptop mati total.

Dead Pixel adalah istilah yang biasa dipakai oleh pengguna saat mereka menemukan masalah pada cacat monitor baik berupa garis atau titik pada layar laptop.

Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris
Titik Monitor
Dead Pixel selain disebabkan oleh perangkat rusak bawaan pabrik yang awalnya berupa titik namun lama-kelamaan menjadi garis, juga bisa disebabkan oleh pemakaian yang bisa jadi terlalu lama, layar terlalu di tekan sehingga mengakibatkan garis - garis yang sangat menggangu.

Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris
Garis LCD LED
Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah layar bergaris pada laptop atau deadpixel , ada banyak  cara silahkan di analisa dan di coba menurut problem yang anda alami :

1. Gunakan Software Pixel Repair

Sebelum membawanya ke tukang reparasi komputer anda bisa mencoba software pixel repair ini . Software ini mendeteksi adanya dead pixel dan otomatis memperbaikinya , silahkan download software ini gratis


Cara menggunakanya pilih pattern untuk mengetes apakah benar bahwa di layar kamu terdapat dead pixel atau layar bergaris. lalu kamu klik Enable, nanti layar monitor kamu akan berubah sesuai dengan warna atau pola yang kamu pilih. untuk keluar kamu cukup tekan tombol esc pada keyboard.

Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris
PixrlReapir

2. Kegagalan Proses RAM

Ram laptop. memang terlihat normal saja, tapi bisa jadi penyebab layar bergaris. RAM mempunyai 32 - 36 Pin berwarna kuning yang disebut sebagai kaki Ram. dan tidak semua pin berfungsi normal . saya sebut sebagai setengah kegagalan proses Random Access Memory dan setiap pin bekerja masing-masing. jadi, cobalah menggunakan RAM cadangan untuk melakukan test

3.  Cable Connector VGA (Video Graphic)

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Cable Conector
Kabel konektor yang berada di dalam laptop sudah lemah dan bisa mengakibatkan proses yang mengalir ke VGA menjadi tidak sempurna. apalagi kita sering membuka dan menutup layar laptop dengan cepat. bisa saja kabel tersebut tertarik sehingga menyebabkan layar laptop bergaris-garis.

Cobalah lepaskan kabel yang berada di mainboard, lalu pasang kembali kabel tersebut. uji laptop kamu, jika permasalahan sudah hilang, maka anda telah berhasil. tapi jika belum berhasil test kembali menggunakan kabel VGA laptop yang mempunyai kesamaan tipe.

4. Baterai Cmos Lemah

Salah satu penyebab layar laptop bergaris adalah baterai Cmos sudah lemah. hal ini sangat jarang terjadi kalau untuk inverter layar laptop pernah juga saya alami. setelah mengganti Inverter layar laptop, barulah laptop tersebut normal kembali. yang saya sebutkan inverter ya, bukan lampu led laptop. hampir berdekatan letaknya, namun berbeda tipe

5. Ganti LCD / LED Baru

Biasanya kerusakan pada layar laptop bergaris yang di akibatkan secara fisik sulit untuk diperbaiki , jika sudah begitu mungkin anda harus membeli Layar LCD yang baru kecuali kalau masalah layar laptop muncul bercak anda tinggal membongkarnya kemudian melakukan cek pada chipset , cek konektor pada motherboard pastikan tidak ada yang terhimpit

Analisa Terjadinya Dead Pixel berdasarkan pengalaman :

1. Jika layar LCD didominasi oleh garis-garis vertikal atau garis tegak terhadap panel LCD. Garis bisa berupa benang-benang putih halus atau garis berwarna hitam yang posisinya menetap (tidak bergerak). Untuk kerusakan seperti ini lebih sering disebabkan oleh screen panel yang sudah rusak, jadi untuk solusinya adalah dengan mengganti panel lama dengan panel lain yang masih bagus.

2. Pada layar LCD terganggu dengan adanya garis-garis bergerak yang bisa merupakan garis horizontal (mendatar) yang bergerak naik atau turun secara terus menerus. Bisa juga berupa garis-garis kecil tak beraturan yang kadang lebih mirip dengan titik-titik putih namun posisinya berpindah-pindah.

Untuk kerusakan yang kedua ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena monitor LCD terkena gangguan interferensi misalnya percikan arus listrik, gerakan motor listrik, atau penyebab lain seperti buruknya kabel VGA yang digunakan, dll.

Tips 


Saat akan membuka leptop sebaiknya dilakukan dengan pegang di bagian tengah jangan di bagian sisi, Agar bagian dalam layar tidak ada tekanan di sisi manapun. Dan pada saat memasukkan laptop ke dalam tas jangan menempatkan adaptar charger jadi satu diatas lcd karena dapat meyebabkan tekanan saat dibawa. Buku dan barang lainnya yang terlalu penuh juga dapat menyebabkan kerusakan


Demikian postingan mengenai Solusi Memperbaiki Layar Laptop yang Bergaris semoga bermanfaat , perlu diketahui kebanyakan masalah layar laptop bergaris diakibatkan oleh adanya tekanan jika masalah anda belum teratasi silahkan hubungi ahlinya . Post sebelumnya Cara Mematikan dan Uninstall DeepFreeze 


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih
loading...

0 Response to "Solusi Mengatasi Layar Laptop Bergaris"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Bantu jawab komentar ya

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik