Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

CARA MENGHILANGKAN VIRUS SHORTCUT DI FLASHDISK DENGAN AMPUH

menghilangkan virus shortcut

Virus shortcut yang pada umumnya menyerang Flasdisk memang merupakan jenis virus yang sudah lama hadir pada masyarakat pengguna komputer di seluruh dunia ini. Meskipun bisa disebut sebagai "virus kawakan" atau virus yang sudah lama menyerang para pengguna teknologi terutama komputer, namun saat ini masih banyak saja masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi virus shortcut yang ada di flashdisk tersebut.

Sebenarnya virus shortcut ini bukan tergolong virus yang berbahaya bagi komputer, namun jika virus ini sangat mengganggu karena selain keberadaannya seringkali menutupi file utama kita, virus ini juga bisa memenuhi kapasitas flashdisk kita. Selain itu, lebih bahayanya lagi virus ini juga dapat merusak file-file yang biasanya tidak terlindung di dalam folder atau di dalam WinRar. Untuk menghindari file penting anda rusak karena virus ini maka sebaiknya jika anda simpan di Flashdisk anda juga menyimpannya di harddisk komputer atau di tempat penyimpanan digital yang lainnya. Atau jika anda hanya memiliki flashdisk, anda dapat packing file yang menurut anda penting tersebut menggunakan WinRar karena jika sudah di packing maka keamanan file tidak bisa ditembus oleh virus jenis ini. 

Namun kali ini pertanyaannya bagaimana cara mengatasinya apabila flashdisk sudah diserang virus shortcut ini? Sebenarnya caranya cukup mudah dan berbagai macam cara yang bisa anda lakukan. Anda bisa menggunakan software pembeku segala jenis virus atau Anti-Virus, selain itu anda juga bisa menggunakan Disk Clean-up yang memang sudah disediakan secara otomatis oleh Windows. Namun cara-cara ini baik menggunakan antivirus atau disk cleanup bukan merupakan cara yang efektif karena biasanya setelah dibersihkan maka virus itu bisa datang kembali karena memang tidak adanya pencegahan yang dilakukan di dalam flashdisk tersebut.
Selain itu semua, adapun cara yang cukup ampuh dalam menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen. Cara ini mewajibkan anda untuk menggunakan program Command Prompt (cmd) yang memang sudah disediakan oleh sistem operasi Windows. Untuk mengetahui cara menghilangkan virus shortcut flashdisk secara permanen bisa anda lihat dalam ulasan sebagai berikut.

1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka program cmd yang sudah disediakan oleh Windows pada umumnya. Cara yang bisa anda lakukan adalah pada keyboard tekan logo Windows + R secara bersamaan. Setelah itu maka akan terbuka program Run. Pada kolom search tersebut silahkan anda ketik "cmd" (tanpa tanda petik) lalu klik Enter.
 
Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk
MAsuk Command
2. Selanjutnya silahkan ketik dimana flashdisk anda ditancapkan. Misalnya flashdisk ditancapkan di port G: maka silahkan anda ketik G: pada layar cmd tersebut. Lalu tekan Enter.

menghilangkan virus shortcut
Masuk Drive
3. Lalu ketikkan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d terus klik Enter. Silahkan tunggu beberapa saat karena program sedang mengoperasikan tugas untuk menyembunyikan atau menghilangkan semua folder yang ada dalam flashdisk tersebut.

menghilangkan virus shortcut
Ketikkan Perintah

4. Jika proses sudah selesai maka semua folder sudah disembunyikan. Dan untuk menghilangkan virusnya secara permanen anda tinggal menghapus semua file shortcut dan virus yang terdapat di flashdisk anda tersebut.

menghilangkan virus shortcut
Virus Shorcut

Itu tadi langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen. Cara ini hampir persis seperti cara kerja yang dilakukan oleh antivirus. Namun jika antivirus akan menghapus jenis virus yang terdapat di database-nya saja. Sementara dengan menggunakan cara di atas, anda bisa menghapus jenis virus apa saja yang kalian kehendaki. Jadi intinya cara ini lebih ke dalam cara manual dalam menghapus jenis virus apapun. Hal yang perlu anda ketahui bahwa cara ini bisa anda lakukan juga kepada harddisk anda, artinya tidak hanya flashdisk yang bisa anda bersihkan virusnya menggunakan cara tersebut.


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

1 Response to "Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk"

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih