Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

 SOLUSI DAN CARA MEMPERBAIKI LAPTOP DAN KOMPUTER MATI TOTAL

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit masalah yang kerabat saya alami kemarin , yaitu laptop tiba-tiba mati total tanpa ada tanda-tanda kehidupan . Sebenarnya banyak sekali penyebab kenapa laptop bisa mati total . Berikut akan dibahas beberapa solusi dan penganganan untuk laptop tiba-tiba mati total.

Laptop atau Komputer di era modern ini merupakan barang yang sangat penting bagi semua kalangan , mulai dari anak sekolah - anak kuliah - pekerja . Itu semua karena proses pekerjaan dalam berbagai bidang kehidupan sudah terkomputerisasi . Jika anda mengalami masalah laptop atau PC tiba-tiba mati total hal yang pertama anda pikirkan adalah keselamatan data-data yang ada didalamnya . Banyak sekali penyebab kenapa laptop tiba-tiba mati total namun penyebab umumya biasanya terletak pada masalah hardware ( biasanya membutuhkan penggantian perangkat keras )

Berikut beberapa kemungkinan Laptop Mati total yang mungkin terjadi ketika tombol power ditekan :

1. Tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif dingin

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Lepas Semuanya
- Buka casing laptop sampai anda bisa menjangkau power adapter pada motherboard. Dengan adaptor tercolok jaringan listrik, ukurlah voltase pada motherboard. Jika ukuran menunjukkan 0 VDC, maka gantilah konektornya (Biasanya ini membutuhkan penyolderan, jika anda belum terbiasa atau ini pertama kalinya dan tanpa bimbingan, maka sebaiknya jangan dilakukan sendiri. Jika sampai ada penghubung di motherboard yang terbakar, maka sangat sulit dibenahi, lebih mudah mengganti motherboardnya)

- Jika anda mendapat tegangan antara 0 – 19 VDC, maka kemungkinan ada sesuatu yang membebani tegangan tersebut. Coba dengan mengukur power adapter kedua. Jika hasilnya tidak penuh 19 VDC, sekarang lepaskan semua yang terhubung dengan motherboard (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD tambahan wireless – kabel RAM video). Jika tetap saja, berarti mottherboard ada rusak. 

- Ganti motherboardnya. Jika anda mendapat tegangan penuh, sekarang coba hubungkan satu-persatu perangkat yang tadi dilepas sampai anda menemukan perangkat yang menimbulkan masalah.

2. Tidak ada tanda-tanda kehidupan, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala, tidak ada suara kipas berputar, suhunya relatif hangat

- Buka casing laptop sampai anda bisa menjangkau motherboardnya. Carilah sumber panas yang timbul. Biasanya di 4 kemungkinan ini: konektor DC, CPU (processor), GPU, atau screen inverter.

- Periksa tegangan yang ada, jika berada di antara 0 – 19 VDC, sama seperti kondisi pertama, berarti ada peripheral yang membebani listriknya secara berlebih. Coba gunakan power adapter kedua. Jika tegangannya tetap saja, lepas semua yang terhubung dengan motherboard (RAM – kipas – hard disk -DVD)

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Lepas Semua periksa tegangan
– DVD/CD – tambahan wireless – kabel RAM video). Jika hasil pengukuran tegangan diluar yang seharusnya dan anda masih merasakan suhu yang tinggi, coba ganti atau lepaskan CPU-nya (jika mungkin), kemudian ukur lagi tegangannya.

- Untuk GPU, bisa saja dia terlepas dari solderannya di motherboard (karena desain yang buruk atau panas berlebih. Terkadang menekannya dengan lembut tapi pasti ketika dinyalakan bisa membuat laptop terlihat normal. Jika itu yang terjadi, pilihannya adalah memastikan GPU terpasang dengan baik (disolder ulang) atau mengganti motherboard.

- Kemungkinan penyebab panas yang lain adalah konektor DC power. Bisa karena konektor tersebut aus atau rusak karena panas berlebih. Terkadang penyebabnya adalah karean ada kotoran atau komponen kecil-kecil dari casing / motherboard yang mengotorinya. Bisa diatasi dengan mengganti konektor daya tersebut atau mengganti motherboard.

- Jika bagian LCD Inverter yang terasa panas berlebih, maka agak murah penggantiannya. Tinggal di cari tipe layar yang dipakai LED atau yang lain.

3. Ada lampu indikator yang menyala, kipas berputar, lampu indikator berkedip tidak normal, lampu layar (kalau ada) menyala, tapi tidak ada flicker

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Lampu indikator
- Lepaskan seluruh peripheral dari laptop (RAM – kipas – hard disk – DVD/CD – tambahan wireless  kabel RAM video)

- Buka casing laptop sampai bisa menjangkau motherboard. Biasanya masalahnya terletak pada GPUnya. 

- Periksa apakah GPU terpasang dengan baik atau ada solderan yang terlepas / gosong / terbakar. Jika ya, kemungkinannya anda bisa memperbaiki solderan tersebut atau mengganti motherboard.

- Coba periksa CPU-nya. Jika panas berlebih berasal darinya maka, coba lepaskan atau ganti dengan CPU lain, dan lihat apakah masalahnya di situ. Lepaskan juga RAM-nya.

4. Semua indikator berjalan baik, kipas menyala, layar seperti menyala tapi tidak ada tampilan apapun, proses booting sepertinya berjalan normal

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Cek Kabel konektor
- Periksa dengan mengamati benar-benar layarnya ketika laptop dinyalakan. Apakah ada perubahan warna pada layar, sedikit kedipan misalnya. Jika anda tidak melihat perubahan apapun pada layar, coba gelapkan ruangan anda coba nyalakan dan amati layarnya. Jika tidak ada apa-apa juga, ganti kaca mata anda

- Jika anda mendapati layarnya menyala tapi dengan intensitas cahaya yang sangat minim sampai tetap terlihat gelap, periksalah arus masuk ke invertor, harusnya ~90VAC. Jika ya, ganti inverternya. cek kabel connector video dan cconnector dari motherboard

- Jika setelah diganti kog tetap saja, maka kemungkinan tabung backlight fluorescent-nya minta diganti juga. Jika ini yang terjadi, maka sebenarnya lebih mudah mengganti seluruh modul panel LCD-nya.

- Jika anda tidak mendapatkan tegangn ~90VAC pada colokan inverter, periksa ujung lain inverter tersebut, apakah terpasang dengan benar pada motherboard. Jika ya, maka memang masalahnya pada inverter power supplynya bermasalah.

- Jika layarnya sama sekali benar-benar tidak bercahaya, coba hubungan dengan monitor eksternal lalu nyalakan laptonya. Jika ada respon, maka periksa dengan urutan seperti ini:

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total
Monitor Exrernal
- Kabel video LCD di tancapkan pada kedua ujungnya
- Kabel LLCD diganti
- Panel LCD diganti
- Ganti motherboardnya

Jika setelah dihubungkan dengan monitor eksternal tidak ada respon maka bawa saja pada ahlinya yaitu teknisi komputer.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

Demikian postingan mengenai Cara Memperbaiki Laptop Mati Total , semoga bermanfaat dan sebenarnya masih banyak lagi penyebab dan solusi lainya yang tidak sempat terbahas. Jika anda merasa tidak sanggup atau tidak punya pengalaman mengoprek laptop saya saran kan pergi keteknisi karena perangkat laptop itu sanga sensitif , sedikit kecerobohan menyebabkan tergores dan biasanya harga perangkat keras laptop lebih mahal ketimbang komputer.




Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih
loading...

21 Responses to "Cara Memperbaiki Laptop Mati Total"

  1. Ijin coba gan . mumpung alatnya ada , thanks ya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Wah jadi begitu cara memperbaikinya, saya jadi tau apa - apa saja yang harus di periksa hehe, terima aksih gan

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. gan kalo pas panas terus mati diri laptopnya,penyebabnya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya overheat

      http://helmykkediri.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-komputer-atau-laptop-cepat-panas.html

      Hapus
  8. gan laptop ane kalo sleep susah nyalanya lagi gan, solusi dong

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Kyak.ny susah bgt y gan...
    Rumit..
    Tpi gpp lh dri pd gk bisa idup pc.ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah ada warningnya >> harga perangkat keras laptop lebih mahal ketimbang komputer.

      Hapus
  11. waaah thanks infonya nih gan.. bisa buat belajar kerusakan laptop nih...

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. nggak punya alat buat bongkar gan, tau2 laptop mati kalo panas. dulu padahal nggak

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Bantu jawab komentar ya

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik