Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

SOLUSI MENGATASI DAN MEMPERBAIKI HARDISK RUSAK ( BAD SECTOR )

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan kali ini saya akan membahas masalah hardware pada komputer yaitu Hardisk . Ya beberapa waktu lalu teman saya mengalami masalah kerusakan hardisk dimana beberapa partisi dan data didalamnya tidak terbaca , selain masalah crash error dan lelet ketika menggunakan hardisk tersebut muncul masalah seperti gagal setiap melakukan backup data . Istilah kerusakan hardisk baik secara fisik maupun program dikenal dengan Bad Sector.
Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik perangkat keras yang mengalami kerusakan sehingga tidak digunakan lagi. Tanda bad sector biasanya terjadi pada saat memformat perangkat keras dan terdeteksi pesan error oleh program diagnosa.
Kerusakan Bad Sector di bagi menjadi dua yaitu Badsector secara fisik misalnya disebabkan karena hardisk jatuh, terkena debu, terlalu panas, hardisk terlalu tua, hardisk head ( piringan ) tergores dll.
Untuk kerusakan bad sector fisik sebaiknya dibawa keteknisi yang sudah berpengalaman jangan membongkar hardisk sendiri . 

Bad Sector soft terjadi karena kesalahan pengoperasian komputer seperti terkena virus, laptop dimatikan secara paksa dengan menekan tombol power terus menerus, aliran listrik yang tidak stabil dll. Cara memperbaikinya cukup dengan overwrite bilangan biner pada nol lagi.

Cara memperbaiki Kerusakan Hardisk Badsector dengan Software :

1. Gunakan Chkdsk bawaan windows

Chdsk merupakan program bawaan windows yang berfungsi untuk mengecek , menandai dan memperbaiki masalah error pada hardisk sehingga sistem tidak akan membaca data yang sudah ditandai dalam status sector .

Kelemahanya proses pengecekan chkdsk sangat lama , sangat tergantung dengan kapasitas RAM dan jumlah data yang dimiliki dalam hardisk , selain itu saat menjalankan chkdsk pastikan semua program yang berjalan di matikan atau proses pengecekan bad sector hardisk akan gagal.

Caranya :

- Buka Windows Explore , pilih salah satu Drive 

- Klik kanan properties , pilih tab Tools

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Pilih Partisi
- Lihat pada Error Checking , kemudian pilih Check Now

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Cek Hardisk
- Kemudian muncul jendela baru centang Automatic fix system error dan centang juga Scan for an anttemp recovery bad sector . Klik Start untuk memulai pengecekan dan pembetulan pada setiap badsector yang ditemukan

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Mulai Scan
2. Gunakan Perintah CMD

Memperbaiki hardisk bad sector secara software dapat dilakukan dengan fitur “Error Checking” yang terdapat pada tools partisi hardisk dan bisa juga dilakukan dengan fitur CMD caranya :

- Buka CMD ketikkan  chkdsk /r /f e:

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Ketikkan Perintah
Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector
Laporan
Keterangan : chksdk, merupakan perintah untuk melakukan pengecekan hardsik. /r, berfungsi untuk memindahkan bad sector. /f, berfungsi untuk memperbaiki kesalahan (error). e, berfungsi untuk menunjukan partisi hardisk yang mana akan di perbaiki.

3. Software HDD Generator

HDD Regenerator 1.7.1 Main
HDD Regenerator
HDD regenerator adalah software yang dapat memperbaiki bad sector yang terjadi pada hardisk. Lebih dari 60% bad sector dalam hardisk dapat diperbaiki oleh HDD regenerator.

Keunggulanya diantaranya memiliki kemampuan untuk mendeteksi sektor fisik buruk pada permukaan hard disk drive, kemampuan untuk memperbaiki sektor fisik buruk (kesalahan magnetik) pada permukaan hard disk, memungkinkan regenerasi mulai proses regenerasi di DOS secara otomatis.

HDD Low Level Format Tool menggunakan teknik format tingkat dasar yang dapat menghilangkan bad sector pada hardisk. HDD Low Level Format Tool juga mendukung format transfer data hardisk yang beragam seperti S-ATA (SATA), IDE (E-IDE), SCSI, SAS, USB, dan FIREWIRE. Selain itu HDD Low Level Format Tool juga mendukung format untuk card storage seperti SD, MMC, MemoryStick dan CompactFlash


5. Gunakan Software Dari Vendor Hardisk

Produsen hardisk telah menyediakan software untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan jika hardisk mengalami kerusakan, diantaranya adalah :

- Fujitsu IDE Low level Format Utility. Dowload disini

- Seagate’s Seatools for Windows serta Seagate’s Seatools for DOS. Dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, Dowload disini

- Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Khusus untuk Hardisk dari Western Digital Dowload disini


Demikian postingan tentang Memperbaiki Kerusakan Bad Sector pada Hardisk , jika anda bingung dengan kerusakan Soft atau Hard mudah saja , jika hardisk anda tidak terbaca dalam sistem BIOS berarti itu kerusakan Hard dan harus di bongkar tapi kalau motherboadnya yang rusak berarti masih bisa diselamatkan datanya dengan cara menggantikan dengan motherboard hardisk yang sesuai dengan hardisk sobat, tapi apabila piringannya yang rusak maka sobat siap - siap ganti hardisk baru


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih