$type=carousel$cols=3

Mengatasi Blue Screen Pada Windows

CARA MENGATASI BLUE SCREEN BLACK SCREEN PADA WINDOWS


Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus   kemudian postingan kali ini saya akan membahas Bagaimana cara mengatasi serta memperbaiki masalah Blue Screen yang terjadi pada Laptop dan Bagaimana cara menganalisa pesan kesalahan Blue Screen untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan Laptop anda Blue Screen sehingga anda tau apa yang harus diperbaiki mengingat banyak sekali faktor penyebab blue screen yang terjadi pada laptop seseorang.

Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer anda. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart.

Mengatasi Blue Screen Pada Windows
Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk. Dengan menggunakan minidump, anda dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

Berikut Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah Blue Screen dan memperbaiki sumber masalah penyebab bluescreen pada Laptop anda :

1. Mencegah Windows Restart Ketika Blue Screen

Secara default, Windows akan melakukan restart setiap komputer terkena Blue Screen. Jika hal ini terjadi secara berulang ketika anda mengerjakan sesuatu yang penting Caranya mudah sekali, kamu cukup membuka System Security > System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced > Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

Mengatasi Blue Screen Windows 8

 Mengatasi Blue Screen Windows 8

2. Install Update Driver

Update driver untuk hardware Anda, karena tingginya persen Blue Screens of Death adalah hardware atau driver terkait sehingga update driver bisa memperbaiki penyebab kesalahan STOP. Anda dapat menggunakan rollback driver untuk kembali ke versi driver sebelumnya.

3. Periksa Masalah Hardware

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer anda terlalu panas dan kekurangan fan. 

4. System Restore 

Jika BlueScreen terjadi setelah anda melakukan Update Driver atau Upgrade Windows atau menginstall banyak aplikasi penyebab laptop anda crash dan langsung blue screen mungkin anda bisa memperbaikinya dengan system restore caranya cukup ketikkan Win + R lalu ketkkan rstrui tekan Enter silahkan dipilih windows anda akan dikembalikan kewaktu laptop anda masih fresh ( dengan syarat anda sudah melakukan backup data ) .  Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

5. Scan Malware

Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware. 

6. Cek Hardisk

Kondisi hardisk yang bad juga bisa mengakibatkan terjadinya BlueScreen, oleh karena itu periksalah kondisi hardisk dengan menjalankan perintah Chekdisk. Untuk pencegahan ada baiknya kita juga menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecek kondisi hardisk. Jalankan juga program Defragmentasi untuk memastikan hardisk bekerja secara optimal.

 7. Install Ulang Windows

Ini adalah pilihan terakhir yang bisa lakukan adalah menginstall ulang komputer. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

8. Lakukan Online Diagnostic

Beberapa produsen PC/Laptop maupun hardware ada menyediakan layanan Online Diagnostic, yang bisa meng-identifikasi problem hardware dan konfigurasi komputer yang menyebabkan terjadinya problem. Cara ini memerlukan koneksi internet. Pc akan di-scan secara online, Anda tinggal menunggu hasilnya yang berupa informasi problem dan langkah solusi yang mesti dilakukan. Cari informasi tentang hal ini di website produsen hardware/PC/laptop Anda. Layanan seperti ini umumnya tersedia gratis.

Cara Menganalisa Penyebab Blue Screen :

1. Menggunakan Software Analisa Blue Screen

Untuk dapat melihat penyebab Blue Screen yang terjadi pada komputer kamu, ada dua cara. Pertama kamu bisa menggunakan software gratis dari NirSoft’s yaitu BlueScreenView dan menggunakan Windows Event Viewer. Kedua cara ini akan melakukan pencarian file minidump yang dibuat Windows ketika Blue Screen selain itu juga akan menampilkan crash yang terjadi pada Windows.

Download BlueScreenView Link Paling Bawah

 2. Pesan Peringatan

Saat terjadi Blue Screen biasanya  muncul pesan peringatan seperti Unmountable Boot Volume (stop code 0X000000ED) atau Unexpected Kernel Mode Trap (stop code 0X0000007F) sebenarnya pesan tersebut sudah memberi tahukan bagian mana komputer anda yang bermasalah , berikut ada lebih dari 50 pesan kesalahan yang muncul ketika terjadi bluescreen beserta penyebab dan cara memperbaikinya silahkan dibaca >> 50 Pesan Penanda BlueScreen


Demikian Postingan saya mengenai Cara Mengatasi BlueScreen pada Windows , semoga bermanfaat jika bluescreen terjadi secara berkelanjutan mungkin anda harus memeriksanya baik dari segi hardware maupun software silahkan di install ulang namun jika masih sering terjadi mungkin masalah ada di hardware silahkaan dibongkar . 

Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

COMMENTS

BLOGGER: 18
Loading...
Nama

Android,3,Blog,350,Info,212,Islami,43,Software,74,Tutorial,120,Web,18,
ltr
item
BLOG ORANG IT 2017: Mengatasi Blue Screen Pada Windows
Mengatasi Blue Screen Pada Windows
https://2.bp.blogspot.com/-48-SWO26MKg/VpoUlApgwQI/AAAAAAAAAIc/RYvEecdZuwM/s320/BSOD_05.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-48-SWO26MKg/VpoUlApgwQI/AAAAAAAAAIc/RYvEecdZuwM/s72-c/BSOD_05.jpeg
BLOG ORANG IT 2017
http://www.helmykkediri.com/2016/01/mengatasi-blue-screen-pada-windows_15.html
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/2016/01/mengatasi-blue-screen-pada-windows_15.html
true
7204675838149040268
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy