Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

CARA MENGATASI KOMPUTER TIDAK BISA BOOTING

Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

Salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada suatu perangkat komputer adalah komputer tidak bisa booting. Disini terdapat beberapa kasus yang berakibat pada komputer tidak bisa booting.

Diantaranya yang sangat umum terjadi adalah terdapat pesan error saat pertama kali komputer dinyalakan, bisa booting namun tidak bisa masuk ke Windows ataupun sering disebut sebagai autorestart (restart otomatis), dan satu lagi yang sangat sering terjadi adalah bisa booting namun akhirnya terjadi Bluescreen dengan beberapa pesan error disana yang mungkin tidak banyak yang mengetahui pesan tersebut.

Sebenarnya banyak sekali gejala  penyebab terjadinya masalah tersebut. Mungkin bagi ahli komputer sangat mudah mengatasi hal ini karena memang sudah terdapat pesan error dan juga ditandai oleh bunyi beep disana.

Namun kebanyakan pengguna komputer saat ini masih awam tentang arti pesan error yang dimunculkan oleh komputer tersebut. Selain itu, banyak juga yang tidak mengerti tanda-tanda kerusakan yang terjadi dalam hitungan bunyi beep yang muncul. Sebenarnya bunyi beep tersebut bisa anda pelajari dalam cara menganalisan bunyi beep komputer saat booting yang sudah kami terangkan pada postingan sebelumnya.

Namun bagi anda yang tetap bingung tentang cara mengetahui dan mengartikan kerusakan yang terjadi di dalam komputer anda saat terjadi komputer tidak bisa booting, anda bisa mengetahuinya dalam cara memperbaiki komputer tidak bisa booting di bawah ini.

1. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan kuat

Sebagian pengguna komputer mungkin telah mengalami kasus ini, yaitu komputer tidak bisa booting dan bahkan mati total. Dalam hal ini, komputer tidak bisa nyala, tidak muncul suara apapun, bahkan kipas (fan) juga tidak berputar. Untuk cara mengatasinya anda bisa cek kabel-kabel yang menghantarkan arus listrik ke komputer anda. Selain itu, anda juga wajib memeriksa kondisi Power Supply suply komputer anda apakah masih berjalan normal ataukan sudah rusak. Atau mungkin kabel-kabelnya tidak terpasang dengan baik.

Apabila anda sudah mengeceknya namun anda ketahui masih normal, tetapi anda nyalakan tetap tidak bisa. Sebaiknya anda kembali mengecek satu per satu kabel yang terhubung antara satu komponen dengan komponen lainnya. Tidak hanya kabel di dalam CPU, namun sebaiknya kabel yang terhubung dengan peripheral seperti UPS/Stabilizer dan Monitor juga anda cek dan pastikan terpasang dengan benar dan kuat

2. Reset BIOS

Salah satu permasalahan yang terjadi saat komputer tidak bisa booting ataupun mati total adalah adanya kerusakan yang terjadi pada BIOS. Jika terjadi suatu permasalahan pada BIOS ini biasanya ditandai dengan berputarnya Fan Processor dan VGA namun komputer tidak bisa menyala ataupun menyala namun langsung terjadi pesan error disana. Untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada BIOS, jalan satu-satunya adalah dengan cara reset BIOS. Namun jika BIOS sudah anda reset tetap tidak bisa menyala, kemungkinan yang terbesar adalah motherboard anda suda rusak.

3. Mengecek kondisi Hardisk dan kabel SATA

Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

Saat anda tidak bisa Booting namun terdapat pesan error berupa "Disk Boot failure" maka berarti perangkat Harddisk anda tidak terbaca oleh komputer. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan berbagai cara di bawah ini :

- Mengecek kondisi kabel IDE atau SATA pada Harddisk. Pastikan sudah terpasang dengan benar

- Untuk 2 Harddisk IDE yang terpasang pada satu kabel, cek posisi jumper agar settingan master dan slave-nya tidak tertukar

- Setelah mengecek kondisi kabel IDE atau SATA, cek satu secara berkala apakah Harddisk sudah terbaca oleh BIOS ataukah belum. Jika masih saja tidak terdeksi, kemungkinan besar terjadi kerusakan di Harddisk anda.

- Untuk mengecek Harddisk rusak atau tidak, coba pegang bermukaan Harddisk. Jika harddisk tidak rusak atau masih normal maka akan terasa getaran pada permukaannya.

4. Cek kondisi RAM dan VGA

Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

Komputer tidak bisa booting dan ditandai dengan bunyi beep yang panjang dan berulang-ulang maka kemungkinan besar terjadi permasalahan di memory (RAM) dan juga VGA anda. Untuk cara mengatasinya kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :

- Lepas RAM dan VGA Card dari slot-nya, lalu bersihkan pinnya dan pasangkan dengan baik dan benar.

- Pindahkan RAM ke slot yang lain

- Jika masih tidak bisa, ganti RAM danVGA Card-nya

- Jika CPU sudah berhasil bekerja namun tetap tidak bisa muncul di monitor, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada VGA Card anda.

5. Cek kondisi Fan Processor. Pastikan semuanya berjalan dengan baik

Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

Komputer yang terlalu panas atau sering terjadi Overheat juga bisa saja menjadi salah satu penyebab komputer tidak bisa booting. Dan cara untuk memperbaiki komputer tidak bisa booting dikarenakan processor yang terlalu panas (overheat) bisa anda lihat di bawah ini :

- Cek kondisi heatsink dan fan processor. Pastikan Fan bisa berputar dengan baik dan pastikan tidak berdebu.

6. Komputer tidak bisa booting karena windows yang corrupt

Komputer tidak bisa booting bisa disebabkan karena terdapat file di dalam sistem operasi yang corrupt. Hal ini bisa dilihat dari pesan yang menyebutkan bahwa adanya file yang hilang di dalam sistem operasi anda. Untuk cara mengatasinya, anda bisa melakukan berbagai cara sebagai berikut.

- Cek kondisi hardware, pastikan semua terpasang dengan benar

- Repair harddisk dengan cara yang sudah kami sebutkan di atas

- Install ulang sistem operasi Windows anda. Untuk install ulang Windows 10, bisa anda download disini


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

13 Responses to "Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting"

  1. kalo pakai f2 bisa gak memperbaiki booting ?

    BalasHapus
  2. bisa juga karena listrik tidak stabil, kasusku gitu

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Biasanya instal ulang ampuh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. install ulang ampus untuk mengatasi point ke enam [-(

      Hapus
  5. kalo ane sih pengalaman cuman sering bermasalah di ramnya gan

    BalasHapus
  6. waaah bermanfaat nih mas, komputer saya bisa booting lagi... thanks infonya...

    BalasHapus
  7. kalo pake save mode bisa ga ya?

    BalasHapus
  8. Hemmm judulnya sesuai dengan masalah di komputer saya gan, tapi langkah di sudah saya lakukan semua. Hasilnya nihil. Biasanya cukup dengan ini tapi untuk kali ini tak mempan.

    BalasHapus
  9. Hemmm judulnya sesuai dengan masalah di komputer saya gan, tapi langkah di sudah saya lakukan semua. Hasilnya nihil. Biasanya cukup dengan ini tapi untuk kali ini tak mempan.

    BalasHapus
  10. kompi ane cuman kalo di start jalan tapi di monitor kaga nyala, cuman kedap kedip aja led monitornya, itu kenapa yah gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya dulu pernah ngalamin itu masalah di RAM ( RAM saya gosong dulu ) bisa di cek RAM nya dibersihin dan dipindah ke slot lain , kalau masih ga bisa mungkin ada masalah di VGA Card nya

      Hapus
  11. kurang lengkap gan..
    dulu ane pernah ngalamin ternyata hardisknya yg bad sector

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Klik iklan untuk biaya perawatan admin

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik