Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger

CARA MENGATASI KEBERADAAN KEYLOGER TERBARU 2016


Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada postingan sebelumnya saya telah share tutorial CRUD Android Dengan JSON dan MySQL . Postingan kali ini saya akan share software canggih untuk mendeteksi keberadaan keyloger di komputer PC ataupun Laptop selain mendeteksi Software Keyloger juga bisa mendeteksi file log yang berisi user dan password yang diketikkan / yang merekam ketikan tersebut.

Keyloger atau log atau catatan adalah software jahat yang diinstall seseorang untuk merekam ketikan keyboard dengan tujuan mencuri akun ( facebook , paypal , kartu kredit dll ) kemudian menyimpan rekaman ketikan tersebut kedalam sebuah file log . Sebenarnya program keyloger selain bisa digunakan untuk kejahatan juga bisa untuk kebaikan misal untuk memantau aktivitas anak kita ketika menggunakan komputer untuk berselancar di internet.

Berawal dari banyak teman yang kehilangan hak akses terhadap akun facebook , twitter dll karena password akun mereka diganti ternyata setelah diselidiki beberapa komputer di Lab Komputer telah dipasangi software keyloger oleh beberapa siswa nakal bahkan Browser terkenal seperti Mozilla Firefox pun terdapat Add Ons Keyloger yang digunakan sehingga tidak terdeteksi antivirus saat dijalankan , Baca AddOns Keyloger pada Mozilla Firefox ( Bisa juga ditempat lain warnet )

Beberapa Software dan Trik untuk mendeteksi keberadaan keyloger diantaranya :

1. Software Keylogger Detector ( Yang saya gunakan )

 

Keylogger Detector merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mencari, menemukan dan dapat menghapus program spyware termasuk password stealing programs, chat and email logging software, keystroke loggers, screen capturing programs, dan program sejenis lainnya yang mampu merekam aktivitas komputer anda.


Software pendeteksi keyloger lain yang saya sarankan :

I Hate KeyLogger
Software ini adalah hasil karya dari Yohanes Aristanto. Fungsi dari software ini untuk melindungi komputer dari keylogger, spyware dan remote administration tool.
PMS AntiKeylogger
Fungsi dari software gratis ini selain untuk melindungi komputer dari keylogger, juga dapat digunakan untuk mencegah Screen/Form capturers.
Snoop Privacy Shield
Software gratis ini berfungsi mencegah terjadinya aktifitas perekaman tombol saat pengetikkan, form yang dibuka dan screen capture yang lazim dilakukan oleh keylogger.
My PlanetSoft - Anti KeyLogger
MyPlanetSoft Anti-Keylogger merupakan salah satu tool antikeylogger dengan ukuran file paling imut, yaitu 36 kb.

2. Mengganakan CMD


a) Di Jendela Command Prompt. Secara Default, anda berada di Drive C. Ketikkan Dir lalu enter. 

Perintah Dir adalah perintah untuk menampilkan isi suatu drive, termasuk menampilkan jumlah memori yang tersisa pada drive tersebut. Disinilah yang perlu anda perhatikan. Catatlah jumlah memori yang tersisa pada kertas. Tutup jendela Command Prompt

b) Buka Notepad. Gunakan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketikkan notepad. ketikkan apa saja di notepad tersebut, tapi jangan disimpan filenya.

c) Ulangi langkah ke b. Perhatikan jumlah memori yang tersisa. Jika jumlahnya sama dengan yang anda catat, maka komputer tersebut aman dari keylogger.

d) Bila angka yang anda catat berubah bisa jadi ada keylogger atau spyware yang terinstall di komputer anda. Dan tugas anda selanjutnya adalah mencari penangkal dari keylogger tersebut.

3. Menggunakan Kombinasi Shorcut

Coba periksa komputer anda dengan cara tekan ctrl+shift+alt+F8 jika muncul sesuatu maka itu adalah keylogger. Segera nonaktifkan keylogger tersebut baik dengan mencari program mencurigakan di TaskManager , melakukan Scanning dengan Antivirus Lengkap atau melakukan Restore System

4. Menggunakan Virtual Keyboard

Jika anda menggunakan komputer baik warnet maupun lab sekolah untuk login kedalam akun , anda bisa menggunakan fasilitas keyboard Onscreen Keyboard untuk menghindari rekaman keyboard anda. Caranya buka run atau pencarian dan ketikkan osc.exe kemudian jalankan

5. Mengelabui Keyloger

Ada cara lain yang cukup unik untuk mengelabui program keylogger dalam menangkap password yang anda ketikkan, yaitu dengan mengetikkan huruf-huruf acak di dalam password, lalu kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tersebut. Misalnya password anda adalah "royal", maka anda bisa menuliskan dua huruf pertama lebih dahulu, yaitu "ro" lalu mengetikkan huruf-huruf acak seperti "ytjhfj234", lalu disambung lagi dengan sisanya yaitu "yal" dan diakhiri dengan beberapa huruf-huruf acak lainnya seperti "rhgwc7". Maka yang akan dideteksi oleh keylogger seperti ini: "roytjhfj234yalrhgwc7". Lalu anda kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tadi dengan cara menyortir lalu menekan tombol DELETE, sehingga tulisannya kembali menjadi "royal". Cara ini cukup unik namun bisa dijadikan alternatif.

6. Scan Komputer Online


Jika anda menggunakan komputer warnet ataupun lab komputer yang mayoritas banyak virus dan database virusnya kadaluarsa anda bisa melakukan scanning komputer secara online . Ada beberapa situs yang menyediakan pembersihan komputer dari program jahat seperti online seperti Eset Online Scanner, Bitdefender Online Scanner, F SCure Online Scanner dll

7. Ganti Password

Setelah login menggunakan komputer publik warnet, lab dll alangkah baiknya anda mengganti password untuk menjaga keamanan akun anda dari aktifitas pencurian keyloger

8. Install DeepFreeze


DeepFreeze adalah software pembeku hardisk yang akan selalu mengembalikan kondisi hardisk kedalam ke adaan semula , jika anda melihat deepfreeze komputer tersebut mati anda bisa mengaktifkan nya kembali atau anda bisa menginstall komputer tersebut software deepfreeze dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan ancaman keyloger yang akan mencuri data anda.

9. Hardware Keyloger

Selain dalam bentuk software ternyata keyloger juga ada dalam bentuk hardware , silahkan periksa belakang CPU anda untuk mengetahui ada atau tidaknya tambahan perangkat yang mencurigakan jika ada waspadailah itu adalah keyloger. 


Demikian Postingan mengenai beberapa cara menghadapi Keyloger di Komputer Publik semoga bermanfaat , jika ada yang ingin menambahkan silahkan ketikkan pada kotak komentar nanti saya akan tambahkan pada postingan ini .


Follw Blog Orang IT dan Like Fanspage saya helmykkediri jangan lupa sedianya Klik Iklan untuk Blog ini untuk biaya Admin beli Kuota untuk Up Date Blog


DiPoskan Oleh helmykkediri 


20 Responses to "Cara Mengetahui dan Mengatasi Keyloger"

  1. Nice gan artikelnya,memang keylogger membuat darah naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel Yang kayak gini nih, yang harus di liat pemilik warnet. soalnya di warnet banyak banget yang terapin nih keylogger, mesti diatasin.

      Hapus
  2. wah bisa dapet ilmu nih gan tentang komputer saya awam masalah komputer gan terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. Wah makasih gan informasinya, ini sangat bermanfaat bagi pemula, thx :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. wah makasih mas..
    jadi bisa bantu teman ane nih

    BalasHapus
  6. Thanks gan buat tutornya
    Bahaya bget nii klo msalkan khlangan akses k akun medsos sendiri

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. lengkap,, bookmark dulu,, bisa untuk adik yang sedang belajar tkj nih. good info gan

    BalasHapus
  11. wah ternyata keyloger baru ada yang bentuk hardwarenya ya gan thanks mau dilihat semua dulu

    BalasHapus
  12. aku pernah liat di warnet deket rumah dan tidak tau fungsinya untuk apa, ternyata semacam keylogger yahh... sekarang harus hati2 dah kalo ke warnet. harus liat2 dulu

    BalasHapus
  13. keylogger memang membuat geram gan >.<
    bagus nih artikelnya
    terimakasih gan

    BalasHapus
  14. thanks gan tutorialnya sangat membantu

    BalasHapus
  15. Banyak juga ya cara ngatasinya

    BalasHapus
  16. thanks gan infonya, buat kasih tau adek ku :D

    BalasHapus
  17. yaa nih paling males kalo mean di warnet ada yg make keylogger -|__ keeZeeell

    BalasHapus
  18. ane juga pernah kena jebakan ini , makasih gan tips nya

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih