Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI BATERAI LAPTOP TIDAK TERISI PENUH 100%

Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Mengetahui Kapan Harus Ganti Baterai Laptop dan Postingan kali ini masih berhubungan dengan masalah pada Baterai pada Laptop yaitu Bagaimana cara memperbaiki Baterai Laptop yang tidak Bisa terisi Full 100% penuh dan Penyebab Baterai Laptop anda tidak bisa terisi penuh .

Beberapa pengguna Laptop atau Notebook mungkin pernah mengalami masalah dimana ketika melakukan Cash atau Charger pada Laptop sudah beberapa jam tapi Baterai masih tidak Full dengan status "Battery not Fully charged" bahkan sudah di Cash seharian atau mungkin anda melakukan Charger pada Laptop anda seharian dan baterai laptop anda mentok di angka 70% dengan status "Battery not Fully charged" tentu anda berfikir apakah ada masalah pada Batterai Laptop sudah usang dan minta di ganti ?

Penyebab Baterai laptop tidak bisa terisi penuh diantaranya :

1. Gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.

2. Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge.

3. Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Berikut Cara mengatasi dan memperbaiki baterai laptop tidak bisa terisi penuh :

Cara 1 : Mengubah nilai Critical Battery level
1.Biasakan untuk langsung melakukan Charge / cass baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batrai sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. jika bingung cara merubahnya, ikuti cara berikut :
Untuk Windows 7 dan 8 :
Klik tombol Start > Control Panel > Security > Power Options. lalu pada pilihan "Select a power plan" klik pilihan "Change plan setting" pada bagian kanan. setelah itu akan muncul jendela "change setting for the plan" . Klik "change advanced power Setting" . lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. disini anda bisa rubah angka persentase yang anda inginkan.
Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

 4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan batre masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). nah disini lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. tenang saja, baterai tidak akan overcharged atau terbakar, karena batere laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknolog kalau baterai penuh maka proses charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. setelah itu bisa dilihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. saran saya, lakukan cass pada malam hari ketika anda tidur,

Cara 2 : Melakukan Kalibrasi Pada Baterai Laptop 

Melakukan kalibrasi pada baterai laptop bertujuan untuk melakukan reset pada indikator, ini biasa terjadi ketika indikator laptop anda sudah tidak akurat dalam menampilkan status daya baterai anda yang sebenarnya . Proses kalibrasi ini intinya memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Cara melakukan kalibrasi pada laptop :

1. Buka Power Options di Control Panel lalu buat Power Plan Baru.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

 2. Katakanlah kamu memberi nama power plan tersebut sebagai Kalibrasi.

 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

3. Pastikan kamu mematikan opsi untuk Turn Off Display dan Sleep Computer, sehingga power baterai nantinya bakal digunakan secara penuh.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

4. Gunakan Power Plan tersebut lalu charge baterai sampai full 100%.

 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

5. Setelah full 100%, cabut charger dan biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya.

6. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Charge baterai hingga penuh lagi 100%.

Proses kalibrasi baterai telah selesai. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Kini kamu bisa mengembalikan lagi power plan ke pilihan yang semula.

Beberapa masalah yang terjadi terkait Baterai pada Laptop , sebelum bertanya pada kotak komentar mungkin anda harus baca dulu masalah umum yang biasa dialami oleh pengguna Laptop :

1.  Jika baterai laptop anda ketika di Charger masih 0% dan muncul peringatan "consider replacing your battery" dan ketika dicabut langsung mati total itu tandanya anda harus segera mengganti baterai karena biasanya cycle count dan wear level baterainya sudah habis

2. Jika melakukan Charger pada Laptop sampai penuh sampai 100% namun ketika kabel Cash dicabut dalam beberapa menit laptop langsung mati itu berarti ada masalah pada baterai entah itu ketidak cocokan atau pada laptopnya.

3. Jika biasanya laptop dalam keadaan Baterai 12%  muncul peringatan " Baterai lemah " namun tiba-tiba waktu digunakan langsung mati atau hibernate tanpa pemberitahuan , itu bisa di atur pada pengaturan , - klik kanan di logo baterai yang ada di pojok kanan bawah laptop anda lalu klik "power options". setelah itu  klik "change plan" (balanced sama power save). nah disini anda ganti waktunya sesuai dengan keinginan

4. Jika daya laptop anda terus mengalami penurunan misal hari ini di Charger full 88% kapasitasnya  2640 mAh , kemudian besok lagi di Charger 88% kapasitas 2323 mAh , ini terjadi karena anda sering melakukan charge discharge . Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai

5. Jika laptop anda sudah tidak digunakan dalam waktu lama ( 2 bulan ) hingga daya yang tersimpan di baterai habis , kemudian anda Charger dan kapasitas full ternyata hanya 70% anda bisa memperbaiki dengan menggunakan kalibrasi pada baterai laptop

6. Jika ketika di Charger mentok di 70% dan status dari Charging berubah menjadi not charging itu dikarenakan untuk melindungi batrai agar tidak 24/7 menerima masukan yang dapat merusak batrai ( kebanyakan baterai sekarang emang begitu ).  Namun jika anda tidak menginginkanya anda bisa pergi ke device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery setelah itu lepas baterai  1 jam dan Charger kembali


Demikian postingan tentang Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh , jika ada solusi tambahan bisa berbagi di kotak komentar . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Mengetahui Kapan Harus Ganti Baterai Laptop . Sekian


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

50 Responses to "Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh"

  1. kalau kasus baterai laptop saya setiap sering cepat lobet, saat charging 100% tapi ketika di lepas langsung 80%. serem amat.

    BalasHapus
  2. keren gan, pas banget baterai ku agak2 meleset

    BalasHapus
  3. Kalau dipikir-pikir ternyata karena kelalaian kita ya?

    Jadi tau apa penyebab dan cara mengatasi, alhamdulillah sih ga pernah dapet masalah tersebut.

    Cuma gara-gara charge suka dilipat jadi ga terbaca eh taunya ada soldieran yang putus. Setelah disambung ya alhamdulillah jalan lagi.

    Makasih banget mas.

    BalasHapus
  4. Batrei ane bocor,nyoba dulu deh caranya

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. saya juga pengalaman gituh gan....kadang suka saya cabut baterainya. mending ga usah pake baterai

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai itu fungsinya juga sebagai penyetabil tegangan listrik kalau dicabut malah merusak komponen lainya

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. terima kasih banyak mas, sekarang baterai laptop saya sudah tertasi berkat informsi dari blog ini.

    Selamat pagi selamat ngopi juga (c)

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. gan untuk masalah nomor 1 apa ga ada solusi lain selain di ganti batrei nya/?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Sekarang banyak yang menggunakan laptop tapi tidak tahu kapan batre butuh di cas kapan tidak butuh dicas itu yang mengakibatkan batre cepat soak. semenjak ada solusi ini sekarang udah ada solusinya , Thanks Gan

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. baca point pertama ane udh langsung tau klo baterai laptop ane sdh harus diganti

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Bang, boleh minta bantuan'a gk.

    BalasHapus
  19. pentingn nih infonya gan...batrai ane mulai soak

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. pantesan ternyata ngaruh ya critical battery level jga :3 coba ganti dlu ah

    BalasHapus
  22. kalau saya biasanya sudah dicharge full tetapi di tulisan 97%,, akan saya coba cara-cara diatas :) makasih atas infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah laptop anda sudah bisa kembali seperti semula?

      Hapus
  23. wah kebetulan batrai ane gk bisa full saat di charge 95% trus, saya coba praktekin gan, thanks indonya

    BalasHapus
  24. iya gan no 2 itu pernah saya cas laptop ane terus, laptop ane gk keisi

    BalasHapus
  25. nice infonya
    kalaw untuk win xp gmana gan?

    BalasHapus
  26. tank,selalu update ya artikelnya
    i like banget blog orang it

    BalasHapus
  27. Mas, di poin ke-6 >> Jika ketika di Charger mentok di 70% dan status dari Charging berubah menjadi not charging itu dikarenakan untuk melindungi batrai agar tidak 24/7 menerima masukan yang dapat merusak batrai ( kebanyakan baterai sekarang emang begitu ). Namun jika anda tidak menginginkanya anda bisa pergi ke device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery setelah itu lepas baterai 1 jam dan Charger kembali

    itu ada efek sampingnya gak, soalnya takut kalo itu penting. dan lepi saya juga gak bisa dilepas batrainya. kejadiannya sih sama ngecas tapi mentok ampe 89% aja gak full. minta solusinya ya mas. makasih.

    BalasHapus
  28. Mas, di poin ke-6 >> Jika ketika di Charger mentok di 70% dan status dari Charging berubah menjadi not charging itu dikarenakan untuk melindungi batrai agar tidak 24/7 menerima masukan yang dapat merusak batrai ( kebanyakan baterai sekarang emang begitu ). Namun jika anda tidak menginginkanya anda bisa pergi ke device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery setelah itu lepas baterai 1 jam dan Charger kembali

    itu ada efek sampingnya gak, soalnya takut kalo itu penting. dan lepi saya juga gak bisa dilepas batrainya. kejadiannya sih sama ngecas tapi mentok ampe 89% aja gak full. minta solusinya ya mas. makasih.

    BalasHapus
  29. wah benar-benar membantu, tapi bagaimana penanganan untuk masalah nomor 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya cuma abisin baterai lalu ces aja terus nanti meningkat 1% terus

      Hapus
  30. gan laptop saya mentoknya di 69 tapi tulisannya plugged in, charging. itu gimana y

    BalasHapus
  31. min , klw punyaku sudah 100% tapi koq tetap masih charging ya ? bukannya harus sudah succes full ? itu kira2 kenapa ya min ?

    BalasHapus
  32. kak, laptopku kalo ngisi mentoknya di 90%, gak mau nambah, malahan kalo tiap chargernya saya lepas, lalu saya charge kembali persentase full nya berkurang 1%. dan sekarang persentasi fullnya hanya sampai 85%. saya sudah melakukan kalibrasi seperti langkah diatas tapi tetap tidak bisa full sampe 100%. gimana cara mengatasinya? mohon responnya ;-(

    BalasHapus
  33. Batrai notebook aku mentok di 86% gan ketika dicas, gmn caranya?

    BalasHapus
  34. punya ku 8% gak naik walau di setingg :(

    BalasHapus
  35. Mas, di poin ke-6 >> Jika ketika di Charger mentok di 70% dan status dari Charging berubah menjadi not charging itu dikarenakan untuk melindungi batrai agar tidak 24/7 menerima masukan yang dapat merusak batrai ( kebanyakan baterai sekarang emang begitu ). Namun jika anda tidak menginginkanya anda bisa pergi ke device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery setelah itu lepas baterai 1 jam dan Charger kembali

    itu ada efek sampingnya gak? soalnya takut kalo itu penting. dan laptop saya juga gak bisa dilepas batrainya (batre tanem). kejadiannya sih sama ngecas tapi mentok ampe 60% aja tulisan nya berubah jd not charging. minta solusinya ya mas. makasih.

    BalasHapus
  36. Mas apakah itu berlaku untuk yang batrai tanam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek berapa wear level baterainya dengan aplikasi CPUID HWmonitor. kalau sudah lebih dari 50% dan jarak antara designed capacity dan full capacitynya sudah jauh baiknya segera bawa ke service center terdekat. usahakan service center resmi terlebih dahulu ya..
      semoga membantu

      Hapus
  37. selamat jumpa admin...
    saya punya laptop samsung seri RV418.. bermasalah pada batereinya udah 4 bulan terakhir... cepat habis dan sekarang tidak bisa penuh hanya 0%(available (plugged in, not charging)...beli baterei seken tapi cuman bisa bertahan 1 bulan dan kondisi sama yaitu 0%(available (plugged in, not charging)...mohon pencerahanya admin... please admin dan terimakasih telah berbagi ilmu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai baru ya gan coba cek ke laptop lain apakah bisa terisi penuh atau tidak , saya harap baterainya original

      penyebabnya mungkin 2 :

      1. kerusakan mainboard penghubung adaptor kebaterai

      2. kerusakan mainboard penghubung baterai kemainboard

      Hapus
  38. Permisi min. Saya punya masalah nih
    Laptop saya masih baru sekitar 1 tahun, tapi batrenya begitu dicas cuma sampe 89 dan not charging tulisannya. Begitu saya lepas kabel casannya malah laptopnya mati udah kayak ga pake batre. Kalo itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bangett ni nasibnyaa solusinya gimana yaa ;-(

      Hapus
    2. masuk bios F12 - baterai life cycle extension - purchase date - jadikan enable

      Hapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih