$type=carousel$cols=3

Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI BATERAI LAPTOP TIDAK TERISI PENUH 100%

Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Mengetahui Kapan Harus Ganti Baterai Laptop dan Postingan kali ini masih berhubungan dengan masalah pada Baterai pada Laptop yaitu Bagaimana cara memperbaiki Baterai Laptop yang tidak Bisa terisi Full 100% penuh dan Penyebab Baterai Laptop anda tidak bisa terisi penuh .

Beberapa pengguna Laptop atau Notebook mungkin pernah mengalami masalah dimana ketika melakukan Cash atau Charger pada Laptop sudah beberapa jam tapi Baterai masih tidak Full dengan status "Battery not Fully charged" bahkan sudah di Cash seharian atau mungkin anda melakukan Charger pada Laptop anda seharian dan baterai laptop anda mentok di angka 70% dengan status "Battery not Fully charged" tentu anda berfikir apakah ada masalah pada Batterai Laptop sudah usang dan minta di ganti ?

Penyebab Baterai laptop tidak bisa terisi penuh diantaranya :

1. Gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.

2. Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge.

3. Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Berikut Cara mengatasi dan memperbaiki baterai laptop tidak bisa terisi penuh :

Cara 1 : Mengubah nilai Critical Battery level
1.Biasakan untuk langsung melakukan Charge / cass baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batrai sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. jika bingung cara merubahnya, ikuti cara berikut :
Untuk Windows 7 dan 8 :
Klik tombol Start > Control Panel > Security > Power Options. lalu pada pilihan "Select a power plan" klik pilihan "Change plan setting" pada bagian kanan. setelah itu akan muncul jendela "change setting for the plan" . Klik "change advanced power Setting" . lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. disini anda bisa rubah angka persentase yang anda inginkan.
Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh

 4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan batre masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). nah disini lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. tenang saja, baterai tidak akan overcharged atau terbakar, karena batere laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknolog kalau baterai penuh maka proses charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. setelah itu bisa dilihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. saran saya, lakukan cass pada malam hari ketika anda tidur,

Cara 2 : Melakukan Kalibrasi Pada Baterai Laptop 

Melakukan kalibrasi pada baterai laptop bertujuan untuk melakukan reset pada indikator, ini biasa terjadi ketika indikator laptop anda sudah tidak akurat dalam menampilkan status daya baterai anda yang sebenarnya . Proses kalibrasi ini intinya memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Cara melakukan kalibrasi pada laptop :

1. Buka Power Options di Control Panel lalu buat Power Plan Baru.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

 2. Katakanlah kamu memberi nama power plan tersebut sebagai Kalibrasi.

 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

3. Pastikan kamu mematikan opsi untuk Turn Off Display dan Sleep Computer, sehingga power baterai nantinya bakal digunakan secara penuh.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

4. Gunakan Power Plan tersebut lalu charge baterai sampai full 100%.

 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah

5. Setelah full 100%, cabut charger dan biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya.

6. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Charge baterai hingga penuh lagi 100%.

Proses kalibrasi baterai telah selesai. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Kini kamu bisa mengembalikan lagi power plan ke pilihan yang semula.

Beberapa masalah yang terjadi terkait Baterai pada Laptop , sebelum bertanya pada kotak komentar mungkin anda harus baca dulu masalah umum yang biasa dialami oleh pengguna Laptop :

1.  Jika baterai laptop anda ketika di Charger masih 0% dan muncul peringatan "consider replacing your battery" dan ketika dicabut langsung mati total itu tandanya anda harus segera mengganti baterai karena biasanya cycle count dan wear level baterainya sudah habis

2. Jika melakukan Charger pada Laptop sampai penuh sampai 100% namun ketika kabel Cash dicabut dalam beberapa menit laptop langsung mati itu berarti ada masalah pada baterai entah itu ketidak cocokan atau pada laptopnya.

3. Jika biasanya laptop dalam keadaan Baterai 12%  muncul peringatan " Baterai lemah " namun tiba-tiba waktu digunakan langsung mati atau hibernate tanpa pemberitahuan , itu bisa di atur pada pengaturan , - klik kanan di logo baterai yang ada di pojok kanan bawah laptop anda lalu klik "power options". setelah itu  klik "change plan" (balanced sama power save). nah disini anda ganti waktunya sesuai dengan keinginan

4. Jika daya laptop anda terus mengalami penurunan misal hari ini di Charger full 88% kapasitasnya  2640 mAh , kemudian besok lagi di Charger 88% kapasitas 2323 mAh , ini terjadi karena anda sering melakukan charge discharge . Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai

5. Jika laptop anda sudah tidak digunakan dalam waktu lama ( 2 bulan ) hingga daya yang tersimpan di baterai habis , kemudian anda Charger dan kapasitas full ternyata hanya 70% anda bisa memperbaiki dengan menggunakan kalibrasi pada baterai laptop

6. Jika ketika di Charger mentok di 70% dan status dari Charging berubah menjadi not charging itu dikarenakan untuk melindungi batrai agar tidak 24/7 menerima masukan yang dapat merusak batrai ( kebanyakan baterai sekarang emang begitu ).  Namun jika anda tidak menginginkanya anda bisa pergi ke device manager - battery --> klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery setelah itu lepas baterai  1 jam dan Charger kembali


Demikian postingan tentang Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh , jika ada solusi tambahan bisa berbagi di kotak komentar . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Mengetahui Kapan Harus Ganti Baterai Laptop . Sekian


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

COMMENTS

BLOGGER: 53
Loading...
Nama

Android,3,Blog,350,Info,214,Islami,43,Software,74,Tutorial,120,Web,18,
ltr
item
BLOG ORANG IT 2017: Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh
Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Terisi Penuh
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS7o93SlDDhODvDQjv842_tap2xaZN1ifZLHYmZ3TdgrIfyWnuZ
https://3.bp.blogspot.com/-nDqdvNwKQYo/Vjv-DVE0NII/AAAAAAAACVg/18T_DLLLcU0/s72-c/Capture.PNG
BLOG ORANG IT 2017
http://www.helmykkediri.com/2015/11/memperbaiki-baterai-laptop-tidak-terisi_94.html
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/2015/11/memperbaiki-baterai-laptop-tidak-terisi_94.html
true
7204675838149040268
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy