Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem

CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET PADA MODEM

 


Selamat Datang di Blog Orang IT. Jiks Postingan saya sebelumnya mengenai Bagaimana Memperkuat Sinyal Wifi , dan Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara meningkatkan kecepatan akses internet pada Modem dengan memperkuat Sinyalnya dan dengan beberapa Konfigurasi ringan lainya.

Bagi pengguna modem sebagai koneksi internet tentunya menginginkan kecepatan internet yang tidak kalah dengan pengguna wifi, beberapa jenis modem barupun bermunculan namun meskipun mempunyai modem yang canggih ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi bagi pengguna modem sebagai sarana untuk internet diantaranya faktor cuaca , modem panas karena terlalu dipaksakan , faktor lingkungan ( tinggal di antara gedung-gedung ) , Jauh dari jangkauan BTS dll . dari hal semacam inilah yang mempengaruhi kecepatan akses internet bagi pengguna modem.

Berikut Cara mempercepat koneksi internet pada Modem yang terbukti ampuh dan mudah untuk di lakukan , siantaranya adalah :

1. Memodifikasi Modem

Memodifikasi Modem diperlukan untuk meningkatkan kekuatan modem dalam mengumpulkan Sinyal , beberapa aluminium dan tembaga membantu dalam menguatkan Sinyal . Anda bisa memanfaatkan barang tembaga seperti sendok yang bisa dengan mudah kita jumpai lalu bengkok kan diantara modem dan letakkan diatas Tutup yang terbuat dari Kaleng Tembaga sebagai sarana penerima sekaligus penguat Sinyal Internet atau bisa menggunakan wajan atau kepingan DVD

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem

2. Ketahui Kekuatan Modem Anda

Faktor koneksi internet lambat bisa juga dipengaruhi oleh keterbatasan  modem dalam menerima Sinyal dari BTS atau memang karena modem sudah lama sehingga tidak bisa berjalan dengan normal , cara mengetahui batasan kekuatan sinyal yang mampu diterima oleh modem anda adalah dengan menggunakan Software MDMA  ( mobile data monitoring application ) software ini tugasnya hanya memonitoring penggunaan internet anda. Salah satu fiturnya adalah untuk mengetahui seberapa kuat sinyal yang anda dapatkan. Apakah anda mendapatkan sinyal GPRS, EDGE, 3G, maupun HSDPA. Download Software MDMA Disini


Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem

a. RSSI artinya kekuatan sinyal yang anda dapatkan. Makin kecil nilai dBm maka semakin bagus sinyal yang anda dapatkan. Tapi pada dasarnya jika sinyal yang anda dapatkan di bawah -80 dBm sudah tergolong bagus.

b. RAT berarti jenis jaringan yang anda dapatkan, bisa HSD+UPA (High Speed Downlink Upload Packet Access), bisa HSDPA saja, bisa 3G, bisa EDGE bisa GPRS. Yang paling bagus yang mendapatkan jaringan HSD+UPA.

c. Connection type, nah untuk memaksimalkan penerimaan sinyal, pilih saja 3G/ HSPA Only, kemudian klik Apply. Hal ini bertujuan untuk memaksa modem selalu menangkap sinyal 3G/ HSDPA, sehingga speed akan selalu dijaga.

3. Letakkan Modem di Tempat Tinggi

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem

Untuk mendapatkan Sinyal yang baik anda harus menempakan modem anda ketempat yang tinggi, anda bisa menggunakan kabel USB dengan panjang 2 meter , 3 meter atau 5 meter. Pastikan kabel yang anda gunakan tidak terlalu panjang karena arus listrik yang mengalir ke modem anda akan terhambat akibatnya menyebabkan modem tidak terbaca oleh laptop anda

 4. Mengunci Sinyal HSPA

HSPA adalah jenis jaringan yang menggabungkan Jaringan HSUPA ( High Speed Uplink Packet Access ) dan Jaringan HSDPA ( High Speed Download Packet Access ). Untuk menStabilkan kekuatan modem dalam menerima Sinyal HSUPA dan HDSPA anda bisa menggunakan Software HSPA Locker



5. Menggunakan Software Cfospeed ( Recommend )

cFosSpeed 10 adalah software yang digunakan untuk menstabilkan dan mempercepat koneksi internet pada sistem operasi Windows. software ini mempunyai driver jaringan yang menempel pada koneksi internet yang ada. Kemudian mengoptimalkan transfer data melalui Traffic Shaping. Traffic Shaping adalah metode untuk mengoptimalkan lalu lintas Internet. memungkinkan kecepatan internet secara maksimum sementara memastikan Ping minimal. cFosSpeed mendukung berbagai macam koneksi, seperti DSL, kabel, ISDN, UMTS, WiMAX dll. cFosSpeed  sering digunakan oleh para gamer online dan pengguna VoIP untuk menstabilkan koneksi ping internet mereka. baca selengkanyap >> 

 http://helmykkediri.blogspot.com/2015/10/download-cfosspeed-terbaru-full_67.html


Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem

6. Menambah Kecepatan dengan Mengubah Port

          a ) Buka Control Panel, lalu klik Hardware and Sound, dan pilih Device Manager


Cara Mempercepat Koneksi Internet gambar 3
Cara Mempercepat Koneksi Internet 
Klik pada Port (COM & LPT) lalu Double klik pada masing-masing port, di tab Port Setting silahkan Anda ubah setting bits per second menjadi 128000 dan ubah juga Flow Control menjadi Hardware. Lakukan hal ini untuk setiap port yang ada.

Dengan mengubah bit per second dari 115200 menjadi 128000 tentu saja hal ini akan membuat kecepatan  10% lebih cepat dari sebelumnya.

7. Menambah Kecepatan dengan Mengubah Bandwidth

Setiap komputer yang bersistem Operasi Windows, default dari bandwith itu sendiri dibatasi sebesar 80% atau dengan kata lain 20% Banwith sudah dipesan untuk Windows untuk melakukan Upgrade Windows , dan untuk mengubahnya menjadi 100% atau memaksimalkannya, dibutuhkan sedikit perubahan gpedit
  • Ketik Win + R ( tombol dengan gambar Windows + tombol R ) lanjut dengan mengetikkan gpedit.msc dan klik Ok.
  • Lanjut dengan memilih Computer Configuration - Administrative Templates - Network - QoS Packet Scheduler
    Cara Mempercepat Koneksi Internet gambar 4
    Cara Mempercepat Koneksi Internet

  • Double klik pada Limit Reservable Bandwidth, pilih menu Enable dan isi Bandwith limit dengan nilai 0 ( hal ini menyebabkan proses update windows gagal )
    Cara Mempercepat Koneksi Internet gambar 5
    Cara Mempercepat Koneksi Internet
Demikian Postingan mengenai Bagaimana Cara memaksimalkan Koneksi Internet dengan Modem , cara diatas tidak dapat menambah kecepatan internet anda sampai 100%, namun hanya sekitar 25-50% saja mengingat kecepatan Internet biasanya sudah ditentukan oleh Penyedia Layanan ISP dengan FUP yang telah ditentukan Masing-masing namun beberapa aktivitas windows menyebabkan Koneksi Lambat atau masalah Sinyal yang diterima Lemah . 


Kata Kunci :


10 Responses to "Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Modem"

  1. wah, keren boleh dicoba ini,.. nice postingnya

    BalasHapus
  2. Wah lengkap bener nih makasih tutorialnya

    BalasHapus
  3. saya mau nanya gan, apakah cara diatas udah pernah agan coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. modem ane leleh gan, ane paksain biar kenceng sinyalnya. kartunya jg keriting

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. coba cari digoogle gan bahwa tembaga mampu membantu dalam mengumpulkan sinyal seperti pada antena

      Hapus
  7. kalau saya menggunakan cara nomor 1 dan 6 , inet nya jadi lumayan kencang .... Ajiib dah

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca artikel di Blog Orang IT , berikut tata cara berkomentar yang baik dan benar

1. Dilarang menyisipkan link aktif dikomentar blog

2. Dilarang meletakkan URL langsung di komentar blog

3. Komentar tidak relevans tidak akan disetujui

4. Berkomentar minimal 5 kata

5. Jangan buang waktu anda untuk nyepam karena tidak akan saya tampilkan komentar anda

6. Komentar sara jangan pake fake akun , kayak pecundang saja

Semoga anda berkenan menaati aturan yang saya buat sekian dan terimakasih