$type=carousel$cols=3

Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Zakat  Fitrah merupakan rukun iman ke empat setelah puasa yang sebentar lagi di akhir bulan Ramadhan
1436 Hijriah akan kita laksanakan. Mungkin sudah banyak umat muslim sekalian yang mengerti tentang apa itu Zakat Fitrah namun kali ini saya akan memposting Pengertian Zakat Fitrah dan Niat Zakat Fitrah untuk lebih menambah pengetahuan sahabat muslim sekalian mengenai Zakat Fitrah .

Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah adalah zakat atau jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang berkecukupan baik lelaki atau perempuan pada saat bulan Ramadhan dengan syarat-syarat yang telah di tetapkan, adapun yang berhak menerima zakat secara umum terdapat 8 golonagan yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil, tetapi menurut beberapa ulama khusu untuk zakat fitrah harus didahulukan kepada dua golongan yaitu fakir dan miskin.

Waktu pengeluaran Zakat Fitrah

Waktu pengeluaran Zakat Fitrah yaitu pada bulan Ramdhan paling lambat sebelum umat muslim menyelesaikan Sholat Ied, dan jika terlambat dalam penyerahannya maka sejumlah harta yang diserahkan tersebut tidak termasuk zakat fitrah melainkan hanya sedekah biasa, umumnya umat muslim melakukan zakat fitrah jelang dua atau satu hari sebelum hari raya Idul Fitri tiba, dan untuk besarnya harta yang di keluarkan, menurut para ulama adalah sesuai dengan penafsiran terhadap hadits yaitu sebesar satu sha atau kira-kira 3,5 liter atau 2,7 kg makanan pokok yang sesuai dikonsumsi di daerah bersangkutan.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Bacaan do’a niat zakat fitrah sebaiknya telah diketahui sebelum melakukan penyerahan zakat, seperti ibadah pada umumnya zakat fitrah juga harus di awali dengan niat, meski nantinya kita di bimbing oleh panitia pengurus zakat fitrah namun alangkah baiknya kita telah hafal bacaan do’a niat zakat fitrah, mungkin sebagain banyak telah mengentahuinya namun bagi yang mengetahui bisa melihatnya dan menghafalkannya, berikut bacaan do’a niat zakat fitrah.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqaatuhum syar'an fardholillahi ta'ala".

Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala".

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri
Baca : "Nawaitu an ahroja zakat fitri annafsi fardholillahi ta'ala"

Artinya : Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri saya sendiri, fardhu karna Allah Ta'ala

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk istri
Baca : "Nawaitu an-uhrizakat fitri an zaw jati fardzolillahita 'ala".

Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, fardhu karena Allah Ta'ala.

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak laki-laki
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri (.....) fardzolillahi ta'ala".

Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta'ala".

Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan
Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah untuk anak perempuan
Baca : "Nawaitu an uhrija zakat fitri ambinti (.......) fardzolillahita'ala".

Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah ta'ala".

Tujuan Utama Zakat Fitrah

Diwajibkannya Zakat Fitrah atas umat muslim yang telah memenuhi persyaratan bukannya tanpa tujuan dan alasan, tujuan utama zakat fitrah adalah agar setiap muslim yang kurang beruntung atau belum termasuk sebagai kategori wajib membayar zakat fitrah dapat ikut merayakan hari raya dan saling berbagi sesama umat, namun ada juga yang berpendapat bahwa keutamaan zakat fitrah sebagai pembersih harta, melatih diri untuk bersikap dermawan, sebagai ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan rezeki-Nya, menjalin silaturrahim antara yang mampu dan kurang mampu, serta yang lainnya.

Demikian Artikel mengenai “Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah 2015” semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi sahabat muslim sekalian . Jika ada komentar silahkan tulispada kotak komentar yang tersedia di bawah ini .

Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Nama

Android,3,Blog,350,Info,214,Islami,43,Software,74,Tutorial,120,Web,18,
ltr
item
BLOG ORANG IT 2017: Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah
Pengertian Zakat Fitrah Dan Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah
https://3.bp.blogspot.com/-FW3r6u8eWX4/VaZG5-5Te6I/AAAAAAAAB18/zzXpZd9vipQ/s1600/index.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-FW3r6u8eWX4/VaZG5-5Te6I/AAAAAAAAB18/zzXpZd9vipQ/s72-c/index.jpg
BLOG ORANG IT 2017
http://www.helmykkediri.com/2015/07/pengertian-zakat-fitrah-dan-bacaan-doa_52.html
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/2015/07/pengertian-zakat-fitrah-dan-bacaan-doa_52.html
true
7204675838149040268
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy