Potensi Wisata Alam Kota Kediri

POTENSI WISATA ALAM KOTA KEDIRI


     Kediri, maka di sana terdapat salah satu pesona tempat wisata di Kediri yang terkenal, yakni wisata Gunung Klotok, yang juga merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang populer untuk dikunjungi. Pesona keindahan wisata alam di Kota  Kediri memang telah dikenal banyak orang. Di sana, Anda dapat merasakan pengalaman wisata alam yang menyegarkan.
Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Kediri yang patut Anda kunjungi. Sebagian di antaranya terletak di wilayah administratif Kota Kediri, sementara yang lainnya berada di dalam kota Kediri.

1. Wisata Alam Goa Selomangleng
POTENSI WISATA ALAM KOTA KEDIRI
Kompleks Gua Selomangleng
        Gua Selomangleng merupakan objek wisata populer di Kotamadya Kediri yang berada di utara kota dan dilengkapi akses jalan raya yang mulus, tersedia angkutan kota dan dekat dengan universitas serta SMA Negeri di Kota Kediri. Dinamakan Selomangleng dikarenakan lokasinya yang berada di lereng bukit (bahasa Jawa: Selo = batu, Mangleng = miring), kira-kira 40 meter dari tanah terendah di kawasan. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang berukuran cukup besar, sehingga nampak cukup menyolok dari kejauhan.

Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Relief di Gua Selomangleng
      
     Sepintas tidak ada yang istimewa di gua batu ini, keunikan baru terlihat begitu mendekati pintu gua. Beberapa meter dibawah mulut gua terdapat beberapa bongkahan batu yang berserakan. Sebagian diantaranya terdapat pahatan, menandakan bahwa tempat ini sudah pernah disentuh manusia. Berbagai corak relief menghiasai dinding luar gua, diantaranya ada yang berbentuk manusia.




       Melongok ke dalam gua, suasana gelap gulita dan aroma dupa yang cukup menyengat datang menyambut pengunjung. Tidak heran bila ada beberapa pengunjung yang takut atau berfikir panjang sebelum memutuskan untuk memasukinya. Kesan mistis terasa kental sekali saat berada di dalamnya. Beberapa pengunjung nampak buru-buru keluar setelah tidak lama memasuki ruang karena, dikarenakan tidak kuat dengan aroma dupa yang menyengat.

2.  Wisata Alam Gunung Klotok

Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Gunung Klotok
       Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL. Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.


Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Jalan Klotok
      Pendakian Gunung ini tidak memakan waktu yang lama. Cukup 1-2 jam saja. Terdapat 2 rute yang biasa digunakan para pendaki untuk mencapai Puncak gunung ini. Rute favorite pendaki merupakan rute bawah atau menyisiri punggungan bukit dengan jalanan yang cukup landai namun cukup jauh. Rute lainnya ialah melalui belakang Goa Selomangleng yang langsung melewati tengah bukit dan melewati Goa Selo Bale. Kedua rute ini akan bertemu pada satu tanah lapang yang juga merupakan Pos 1 "Proliman". Dari Pos 1 kita haruslah menentukan pilihan akan ke Puncak Klop atau Puncak Watu Bengkah. Untuk menuju ke Puncak klop bisa berbelok ke kanan sedangkan untuk ke Puncak Watu Bengkah kita lurus saja. 

 3. Wisata Alam Jalan Lebak Tumpang

Potensi Wisata Alam Kota Kediri
       Terletak di sebelah barat kota Kediri, kawasan Lebak Tumpang ini mulai terkenal semenjak dibuatkannya jalur tembus yang menghubungkan area wisata Goa Selomangleng di kaki Gunung Klotok dengan Desa Nglebak Tumpang arah ke Terminal Bus Tamanan, Kediri. Di titik puncak Lebak Tumpang, kita bisa singgah di Padepokan Sepeda yang bernama LTCC (Lebak Tumpang Cycling Community). Tempat berkumpulnya para biker dari segala tipe, mulai MTB, road bike, sepeda lipat hingga sepeda biasa. Kita bisa bertemu dengan rekan-rekan penggemar sepeda untuk sekedar ngobrol, baik seputar sepeda atau yang lain.  Di padepokan ini juga ada perpustakaan bebas, yang berisi buku-buku tentang sepeda.

4.  Goa Maria Pohsarang


Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Goa Maria Pohsarang
       Gua Maria Pohsarang, sering juga disebut Puhsarang, atau yang dikenal juga dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang, adalah salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terletak di kompleks Gereja Pohsarang di desa Pohsarang, kecamatan Semen, Kediri, sekitar 10 km arah barat daya kota Kediri. Pada kompleks gereja yang lama terdapat miniatur Gua Maria Lourdes yang dikemudian hari oleh karena terlalu kecil bentuknya maka pada tanggal 11 Oktober 1998, dimulailah pembangunan gua Lourdes yang merupakan tiruan atau replika Gua Maria Lourdes yang ada di Perancis. Dinamakan Gua Maria Lourdes sebab dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dalam bentuk yang kecil. 

Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Goa Maria Pohsarang
       Di seputar patung yang kecil dalam gua pertama tertulis tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda : Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem. (Bunda Maria yang terkandung tanpa noda dosa asal, doakanlah aku yang datang berlindung kepadaMu). Gua kecil yang berada di sebelah kanan Gereja ini merupakan sebuah gua yang banyak didatangi oleh bukan hanya umat Katolik untuk berdoa rosario atau novena, melainkan juga oleh umat lain yang bukan Katolik untuk melakukan meditasi dan memohon ujub kepada Tuhan yang Mahapemurah.

5. Air Terjun Dolo Kediri


       Air Terjun Dolo berada di Desa Jugo, 25km dari kota Kediri. Air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 1.800 m dpl. Anda harus melakukan pendakian untuk dapat sampai di lokasi air terjun ini. Menikmati pesona alam di sekitar air terjun adalah kegiatan terbaik yang dapat Anda lakukan. Tak jauh dari lokasi air terjun Dolo, Anda akan menjumpai perkebunan sayuran dan stroberi, sebuah panorama alam yang begitu menyegarkan. Bahkan, Anda dapat memetik buah stroberi yang ada di sana.

6. Gunung Maskumambang 


Potensi Wisata Alam Kota Kediri


       Gunung Maskumambang adalah gunung di Kediri yang dikelilingi oleh bukit – bukit, bukit ini merupakan terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis atau bisa dikatakan sebelah timur Gunung Wilis, Gunung Maskumambang ini mempunyai udara yang sejuk karena di kelilingi pohon kehijaun yang sangat banyak. Apalagi sudah ada fasilitas anak tangga jika didaki melalui jalur barat. 










Potensi Wisata Alam Kota Kediri
Gunung Maskumambang
       Banyak pengunjung datang di bukit ini untuk mendaki atau trekking. Karena ketinggian Maskumambang tidak begitu tinggi sekitar 300 meter dibawah permukaan laut. tempat yang amat sejuk ini bisa buat bersantai. kalau anda berjalan di anak tangga semakin jauh semakin menarik suasana di atas Gunung Maskumambang karena bisa melihat pemandangan kota Kediri. Di puncak bukit ini terdapat makam Astana Boncolono. Di bagian bawah bukit terdapat prasasti yang menunjukkan penyerahan fasilitas ini oleh keluarga Boncolono ke pemkot Kediri untuk dijadikan salah satu aset wisata. Gunung Maskumambang berlokasi di ujung barat Kota Kediri, Kecamatan Mojoroto, Jawa Timur.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata alam di kota kediri namun hanya saya bahas beberapa saja . Inilah salah satu destinasi wisata masyarakat Kediri yang populer, menjadi tempat wisata pilihan bagi banyak penikmat wisata alam.

Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

3 Responses to "Potensi Wisata Alam Kota Kediri"

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Klik iklan untuk biaya perawatan admin

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik