$type=carousel$cols=3

Potensi Kuliner Kota Kediri

POTENSI KULINER KOTA KEDIRI


       Kediri adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kediri ini merupakan pusat perdagangan utama untuk gula Indonesia dan industri rokok. kediri dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia Most Recommended City for Investment pada tahun 2010.Mengenai makanan khas yang ada di kediri, makanan khas yang terpopuler adalah tumpang pecel, makanan ini biasanya di jajakan di pinggiran jalan ndoho pada malam hari, makanan khas lainya yaitu ada soto kediri, sate bekicot, setik tahu, tahu takwa, dan masih banyak lagi .

1. Soto Kediri

Potensi Kuliner Kota Kediri
Soto Kediri
        Soto Kediri adalah makanan khas Kota Kediri, Jawa Timur. Soto ini sekilas sama dengan soto ayam biasa, tetapi berkuah santan sehingga terasa gurih. Soto Kediri banyak dijual di kawasan Terminal Tamanan, Mojoroto, Kota Kediri, sehingga soto ini disebut juga soto Tamanan.






2. Sate Bekicot

Potensi Kuliner Kota Kediri
Sate Bekicot
        Sate Bekicot atau biasa disebut Sate Nol Dua (02) adalah produk makanan yang terbuat dari olahan bekicot. Sate Bekicot merupakan salah satu kuliner khas Kota Kediri Sentra (pusat) pembuatan sate ini berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kota Kediri, Selain menyediakan sate bekicot, di daerah tersebut biasanya juga menyajikan makanan olahan dari bekicot lainnya, seperti oseng-oseng bekicot, krengsengan bekicot dan kripik bekicot.
        Di Perancis, makanan hasil olahan dari bekicot ini dinamakan Escargot. Makanan ini tergolong mewah dan dijual di restoran, harganya bisa mencapai 300 ribu rupiah per porsi.Berbeda dengan di Indonesia, sate bekicot dijual di kios dan warung makan, dengan harga 15 ribu rupiah per bungkus atau berisi 50 tusuk

3. Tumpang atau sambal tumpang

  Tumpang
        Tumpang atau sambal tumpang adalah sebuah makanan khas dari Kota Kediri, Jawa Timur. Cara penyajian sambal tumpang tak jauh beda dengan cara penyajian sambal pecel, yaitu dengan nasi yang di atasnya diberi aneka lalapan atau sayur-mayur yang telah direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan sambal tumpang dan diberi peyek sebagai pelengkap, bisa peyek kacang atau peyek teri. Sambal tumpang dibedakan dengan sambal pecel pada umumnya karena cita rasanya yang khas. Sambal tumpang banyak dijumpai pada makanan-makanan khas jawa. Model penyajian sambal tumpang biasanya pada pincuk berbentuk kerucut terbalik atau ditaruh di piring dengan diletakkan di bagian sisinya.

         Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe yang telah busuk atau yang biasa disebut tempe bosok dan dimasak dengan dicampur aneka bumbu seperti lombok atau cabai, bawang, garam, dan bumbu dapur lainnya. Makanan-makanan yang banyak menggunakan sambal tumpang sebagai tambahan-nya diantaranya nasi tumpang asli dan nasi pecel tumpang. Di daerah aslinya, tumpang dicampurkan dengan nasi dan berbagai lalapan serta tambahan jeroan ayam. Jangan keburu jijik jika mengetahui bahan dasarnya yang terbuat dari tempe bosok, tapi cobalah dulu rasanya jika telah matang, pasti akan membuat Anda ketagihan.

4. Sate Emprit

5 Makanan Khas Kediri Yang Terkenal, Jawa Timur
Sate Emprit
         Sate Emprit ini adalah sate yang berbahan dasar dari burung emprit. Pengolahanya emprit yang dibakar kemudian diolah seperti masakan sate biaasanya. Sebagai penyedap rasa, sebelum dibakar, sate emprit dikasih air yang tercampur dengan asam, gula merah, serta bawang putih. Setelah dibakar, dioles dengan bumbu sate, yakni kecap dicampur dengan sambal kacang. Biasanya dalam satu sunduk ada 2 daging burung emprit, di padukan dengan saos bumbu sate dan dalam penyajianya di kasih lalapan timun juga irisan bawang merah.


   
5. Tahu Takwa

5 Makanan Khas Kediri Yang Terkenal, Jawa Timur
Tahu Takwa
          Awalnya tahu takwa ini dikenalkan oleh pengusaha asal Cina bernama Bah Kacung, Tahu ini merupakan oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912. Pengambilan nama takwa sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Tahu ini aromanya gurih dan sangat menggoda bahkan sebelum dirasakan di lidah. Tahu takwa ini mempunyai rasanya gurih dan tidak ada rasa masam sama sekali. Ini dia yang membuat tahu takwa berbeda dengan tahu lainnya. saat digoreng, kulit luarnya crispy, tapi bagian dalamnya tetap lembut.



Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih   

COMMENTS

BLOGGER: 14
Loading...
Nama

Android,3,Blog,350,Info,212,Islami,43,Software,74,Tutorial,120,Web,18,
ltr
item
BLOG ORANG IT 2017: Potensi Kuliner Kota Kediri
Potensi Kuliner Kota Kediri
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6c/Soto_Kediri.JPG/250px-Soto_Kediri.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-E1mXHFFGd4M/VZKhIE4CE0I/AAAAAAAABxc/Afug08qXf8U/s72-c/index.jpg
BLOG ORANG IT 2017
http://www.helmykkediri.com/2015/06/potensi-kuliner-kota-kediri_70.html
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/
http://www.helmykkediri.com/2015/06/potensi-kuliner-kota-kediri_70.html
true
7204675838149040268
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy