Ci Menampilkan data

CodeIgniter : TUTORIAL  MENAMPILKAN DATA DARI DATABASE



Selamat Datang Di Blog Orang IT, pada Artikel kali ini saya akan membuat Tutorial Bagaimana menampilkan Data dari Database menggunakan Ci (Code igniter). Berikut sedikit pengenalan mengenai CodeIgniter.

CodeIgniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. Tujuan utama pengembangan Codeigniter adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat daripada menulis semua code dari awal. Codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan. CodeIgniter diperkenalkan kepada publick pada tanggal 28 februari 2006.  

Dalam CodeIgniter dikenal juga MVC sebenarnya adalah sebuah pattern/teknik pemogramanan yang memisahkan bisnis logic (alur pikir), data logic (penyimpanan data) dan presentation logic (antarmuka aplikasi)

1. Model

Model berhubungan dengan data dan interaksi ke database atau webservice. Model juga merepresentasikan struktur data dari aplikasi yang bisa berupa basis data maupun data lain,misalnya dalam bentuk file teks, file XML maupun webservice. Biasanya di dalam model akan berisi class dan fungsi untuk mengambil, melakukan update dan menghapus data website.Sebuah aplikasi web biasanya menggunakan basis data dalam menyimpan data, maka pada bagian Model biasanya akan berhubungan dengan perintah-perintah query SQL.

2. View

View berhubungan dengan segala sesuatu yang akan ditampilkan keend-use Bisa berupa halaman web, rss, javascript dan lain-lain. Kita harus menghindari adanya logika atau pemrosesan data di view. Di dalam view hanya berisi variabel-variabel yang berisi data yang siap ditampilkan. View dapat dikatakan sebagai halaman website yang dibuat dengan menggunakan HTML dan bantuan CSS atau JavaScript. Di dalam view jangan pernah ada kode untuk melakukan koneksi ke basisdata. View hanya dikhususkan untuk menampilkandata-data hasil dari model dan controller

3. Controller

Controller bertindak sebagai penghubung data dan view. Di dalam Controller inilah terdapat class-class dan fungsi-fungsi yang memproses permintaan dari View ke dalam struktur data di dalam Model. Controller juga tidak boleh berisi kode untuk mengakses basis data karena tugas mengakses data telah diserahkan kepada model. Tugas controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di view, memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan kesalahan/error, mengerjakan proses logika dari aplikasi serta melakukan validasi atau cek terhadap input.

Flow CodeIgniter
Penjelasan  untuk gambar Flow CodeIgniter di atas adalah Browser berinteraksi melalui controller. Controller-lah yang akan menerima dan membalas semua request dari browser. Untuk data maka controller akan meminta ke Model dan untuk UI/template akan meminta ke View. Jadi “Otak” dari aplikasi ada dicontroller, “Muka” aplikasi ada di view dan “Data” ada di model.Ketika browser meminta sebuah halaman web maka router akan mencarikan controller mana yang harus menangani request tersebut. Setelah itu barulah si controller menggu nakan model untuk mengakses data dan View untuk menampilkan data tersebut

Berikut cara menampilkan data dari database dengan CodeIgniter :

1. Pertama-tama , untuk menampilkan data dari database kita membutuhkan koneksi ke database karena kita akan mengambil data secara langsung dari database. Kita buat koneksi databasenya dengan membuka folder_codeigniter/application/config/database.php kemudian silahkan cari syntax berikut :


$db['default']['hostname'] = 'localhost';       // isi nama host data base anda
$db['default']['username'] = 'root';              // isi username pada mysql biasanya root
$db['default']['password'] = '';                   // password database "kosong"
$db['default']['database'] = 'datasaya';      // nama database anda

kemudian simpan  CRTL + S , next

2. Setelah konfigurasi ke database dibuat  selanjutnya adalah membuat database pada PHPMyadmin, nyalakan XAMPP kemudian masuk browser dan buat database dengan nama  datasaya dan buat tabel dengan nama buku kemudian isikan 3 kolom dengan nama id, judul , pengarang, kategori kemudian simpan. Setelah itu silahkan insert/masukkan beberapa data ke dalam tabel buku:

Ci Menampilkan data
Data Base

 3. Untuk menampilkan data dari database yang telah kita buat sebelumnya silahkan menuju ke ci\application\controllers dan buat file crud.php

Ci Menampilkan data
crud.php

Penjelasan : Pada script diatas lihat () yang berarti kita membuka models mcrud.php (yang akan kita buat selanjutnya pada models/mcrud.php) . disini kita masukkan ke variabel data array data_buku . kemudian menampilkan view v_lihat dan mengirimkan data variabel $data (v_lihat.php akan kita buat sebentar lagi).


3. Kita buat file m_crud.php di  ci\application\models kemudian ketikkan script berikut ini 

Ci Menampilkan data
m_crud.php

Penjelasan : Lihat function_construct yang berarti kita membuka database.
kemudian function m_lihat() berarti kita gunakan dalam CodeIgniter untuk menampilkan data dari database dan menangkap nilainya dengan




Script diatas dalam MySQL sama dengan Select * From Buku (mengambil data dari tabel buku)


4. Selanjutnya kita  buat  file view v_lihat.php dan ketikkan syntax berikut

Ci Menampilkan data
v_lihat.php

Penjelasan : Data yang kita kirimkan tadi akan ditangkap oleh v_lihat.php. lihat potongan koding diatas

yang berarti  disini kita membuat link hapus data dari database sesuai dengan nilai disini adalah id

5. Terakhir silahkan di coba pada address bowser sobat dengan link localhost/ci_crud/index.php/crud/lihat untuk tombol editnya masih belum berfungsi .

Ci Menampilkan data
Tampilan Data Buku

Bagaimana ? apakah ada kesulitan dalam MENAMPILKAN DATA DARI DATABASE DALAM CodeIgniter ? silahkan jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kotak komentar di bawah. Sekian untuk tutorial kali ini,

Jangan lupa Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri untuk mendapatkan update lainya serta Donasi klik iklan pada blog ini sekian dan terimakasih

12 Responses to "Ci Menampilkan data "

  1. Nah ini nih yang bisa saya comot beberapa buat kepentingan tugas sekolah Thanks dan Izin comot ya gan :D

    BalasHapus
  2. Minta source codenya dong

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Wah, Nambah Ilmu IT Nih, Masih Sdikit Bingung Caranya gan :)
    Ada video tutorialnya gak?

    BalasHapus
  5. Wah Framework CI?
    Keren keren, izin nyoba! :D

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Wah .., dapat materi baru nih disini ..
    ikut nyimak gan :D

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. yang edit sama delete nya ada tutorialny ga om?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Orang IT , aturan berkomentar yang baik :

1. Dilarang mencantumkan berbagai macam link aktif dikomentar blog

2. Jika ingin mendapatkan backlink komen dengan name/url yang telah disediakan

3. Link download mati silahkan berkomentar

4. Postingan dirasa outdate atau sudah tidak berguna lagi komen saja jangan sungkan

5. Komentar yang memerlukan jawaban dari admin jangan menggunakan anonymous

6. Berkomentarlah dengan relevans dan tinggalkan jejak diblog saya

7. Klik iklan untuk biaya perawatan admin

Terimakasih sudah mentaati rules aturan berkomentar yang baik